TELKOMGrup dan SEKAR

Transaksi Telkom Craft lebih dari 201M

(republika.co.id)-JAKARTA — Pameran Telkom Craft Indonesia 2018 pada 22 – 25/3/2018 di Hall A & B Jakarta Convention Center ditutup sukses. Dalam 4 hari, transaksi yang terkumpul lebih dari Rp 20,1 miliar. Nilai transaksi ini jauh lebih besar dibanding nilai transaksi Telkom Craft Indonesia 2017.

 

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survey dan Konsultan, Kemen-BUMN RI, Gatot Trihargo, meng-apresiasi dari Pemerintah pada penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018. Ia harap kemeriahan Telkom Craft Indonesia jadi awal kebangkitan UKM Indonesia untuk makin mengglobal sesuai tema Telkom Craft Indonesia 2018 “Local Heroes to Global Champions”.

 

“Mudah2an di tahun mendatang lebih baik lagi khususnya peningkatan jumlah pengunjung, transaksi, kualitas produk dan kreativitas,” ujar Gatot Trihargo. Dirut Telkom Alex J Sinaga mengatakan, “Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, “Local Heroes to Global Champions, agar UKM menghasilkan karya terbaik dan berdaya saing, sehingga dapat menembus pasar global.”

 

Direktur HCM  Telkom Herdy R Harman puas dengan penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018. Nilai transaksi hingga penutupan Ahad (2/3) pukul 15.00 WIB melampaui target yang ditetapkan . “Nilai transaksi itu di atas prediksi kami,” ujarnya usai menutup resmi pameran yang menampilkan produk2  unggulan UKM.

 

Besarnya nilai transaksi selama pameran, menurut Herdy, merupakan indikator produk-produk UKM semakin mendapat kepercayaan. “Kualitas produk UMKM kini sudah baik dan mampu bersaing di pasar internasional,” tegasnya.

 

Sebanyak 400 UKM berpartisipasi di acara ini. Perinciannya, UKM Binaan Telkom 224 stand (56%), UKM Binaan BUMN lain 104 stand (26%), dan UKM dari komunitas 72 stand (18%). Mereka terbagi 3 kategori, yaitu fashion 209 stand (52%), craft 115 stand (28%) dan food 76 stand (20%).

 

Dikatakan Herdy, produk2 UKM peserta Telkom Craft Indonesia 2018 listing di blanja.com. Sehingga usai acara Telkom Craft Indonesia 2018 calon2 pembeli tetap dapat bertransaksi melalui blanja.com. Acara ini tidak pernah ditutup, karena UKM2 dan pengunjung dapat bertransaksi online melalui blanja.com.

 

Penyelenggaraan TelkomCraft Indonesia 2018 dapat sambutan  luar biasa. Terbukti tercatatnya pengunjung 25.105 orang yang berbelanja. Dari seluruh transaksi, 78%nya transaksi nontunai atau digital payment, yang terdiri TCASH, blanja.com, dan EDC Himbara. Ini menggembirakan karena transaksi cashless meningkat tinggi dibanding pelaksanaan Telkom Craft Indonesia tahun lalu.

 

Selain menampilkan karya terbaik Nusantara melalui Telkom Craft Indonesia 2018, Telkom mengajak seluruh anak bangsa (generasi muda) untuk lebih peduli terhadap budaya nusantara yang sangat kaya. Budaya nusantara jadi kebanggaan bangsa melalui program “Telkom Peduli Budaya Nusantara”.

 

Untuk menyemarakkan program tersebut, Telkom menghadirkan buku “Permainan Tradisional Anak Negeri”, stand Alun-Alun Dolanan Anak serta stand Pendopo Peduli Budaya Nusantara. Selain itu, ditampilkan pula penampilan hasil audisi program Telkom Peduli Budaya Nusantara.

 

Sebagai bentuk apresiasi yang bertujuan memantik semangat dan menumbuhkan kreativitas para pelaku UKM yang berpartisipasi dalam TelkomCraft Indonesia 2018, Telkom memberikan penghargaan kepada UKM terbaik dalam lima kategori, yaitu:

 

Best of the Best kategori Fashion   : Suke Clothing

Best of the Best kategori Craft        : Amalia Jewelry

Best of the Best kategori Food       : Rendang Uninem

Favorit Exhibitor                                : Ghazy Leather

Biggest Transaction via TCASH       : Monze Leather

 

Dari seluruh kategori di atas terpilih Best of the Best yang diraih oleh Suke Clothing. Peraih Best of the Best mendapat penghargaan istimewa untuk ikut festival berskala internasional Tong Tong Fair di Belanda. Melalui Telkom Craft Indonesia 2018  ini, Telkom membuktikan UKM binaan RKB siap bersaing global sekaligus jadi penggerak ekonomi digital Indonesia.

 

Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. (Budi raharjo; Bahan dari  :  http://republika.co.id/berita/telko-highlight/berita-telkom/18/03/25/p65g0b415-telkom-craft-catat-transaksi-lebih-dari-rp-201-miliar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close