RSS Feed     Twitter     Facebook

Yang sebaiknya dilakukan jika belum siap Delete FB

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 8 views    Font size:
Yang sebaiknya dilakukan jika belum siap Delete FB

(inet.detik.com)-Terkuaknya informasi 50 juta pengguna FB di AS disalahgunakan untuk memenangkan kampanye Donald Trump, memancing kemarahan penggunanya. Banyak yang mempertimbangkan untuk hengkang dari FB.

Di sisi lain, sebagian orang belum siap menghapus akun Facebook nya. Bagaimana pun, FB dan jaringan aplikasi lain miliknya seperti Instagram, WA dan Messenger, dianggap sebagai sarana komunikasi penting.

Menghapus akun FB sepertinya menjadi opsi yang tidak realistis. Jika kalian terpikir hal yang sama, langkah2 berikut, seperti dikutip dari Buzzfeed, Kamis (22/3/2018), mungkin bisa membantu.

 

1-Ubah Kebiasaan dan Batasi penggunaan FB
Dengan mendaftar ke FB, kita setuju membolehkan FB melacak aktivitas dan secara konstan mengumpulkan data mengenai diri kalian.

 

Dengan mengurangi waktu bermain FB, interaksi dengan postingan2 dan konten yang diupload, kita juga mengurangi jumlah data yang dikumpulkan FB. Ingat, pengumpulan data ini berlaku di FB dan di layanan apapun yang log in menggunakan atau terkait akun FB, termasuk Instagram dan WhatsApp.

 

2-Log out akun FB sebelum Browsing Web

Website non-FB menggunakan semacam program yang disebut FB Pixel, yakni kode JavaScript yang melacak aktivitas browsing di seluruh web dan memberitahukan FB apa yang kita cari ketika tidak berada di situs atau aplikasi Facebook.

Halaman apapun yang punya tombol Like FB sebagian besar memanfaatkan FB Pixel. Artinya, FB tahu sebagian besar riwayat browsing kita di internet. Kita bisa cegah pelacakan aktivitas browsing ini dengan log out dari FB dan hanya menggunakan FB pada mode browsing ‘private’ atau ‘incognito’ di web browser. Setelah log out, pastikan kita membersihkan cookies di browser.

 

3-Tinjau lagi akses ke Layanan pihak ketiga
Jangan malas meninjau kembali sejumlah aplikasi atau layanan pihak ketiga yang terkoneksi dengan Facebook. Hapus akses FB ke layanan atau aplikasi tersebut.

Perhatikan modul ‘Apps Others Use’ dan batalkan tanda centang untuk akses ke semua informasi di Facebook. Ini akan mencegah teman-teman Facebook kalian ‘membawa’ informasi tentang kita saat mereka terkoneksi ke aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke Facebook.

Teliti juga akses informasi apa saja yang bisa didapatkan Facebook dari ponsel kalian dan batalkan akses ke informasi yang sensitif.

 

4-Hapus Aplikasi FB di Ponsel

Ini akan membantu mengurangi kemunculan notifikasi dan mencegah FB melacak lokasi. Cara ini juga memaksa kita log in (menggunakan mobile browser) hanya jika benar2 perlu akses ke akun. Jika berat menghapus aplikasi FB di ponsel, kita masih bisa menyimpannya, namun dengan mematikan notifikasinya. Hitung2 cara ini adalah latihan untuk mulai menjauhi FB.

 

5-Berani menghapus Facebook
Pada akhirnya, jika platform ini tidak cukup berarti bagi kalian, tak perlu lagi menggunakannya. Ya, Facebook punya begitu banyak informasi tentang kita, cara terbaik untuk mencegahnya mengambil data kita adalah berhenti sepenuhnya menggunakan Facebook.

Seperti disebutkan di awal, tidak mudah bagi sebagian orang melakukannya. Jika demikian, kita bisa mendownload semua data FB, termasuk postingan status, foto, video, chat dan lainnya. Caranya, kunjungi Setings – General, kemudian klik ‘Download a copy of your Facebook data’.

Jika ingin menghilang dari FB namun tidak yakin menghapus akun sepenuhnya, lakukan deactivate. Masuk ke halaman Settings – General, pilih Manage your account dan klik ‘Deactivate your account’. (Rns; Afr; Rachmatunnisa; Bahan dari :  https://inet.detik.com/cyberlife/d-3929840/5-tips-penting-buat-yang-belum-siap-delete-facebook)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code