Kesehatan

Bebas sakit kepala saat berpuasa

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Berpuasa menjadi kewajiban umat Islam di dunia. Tapi tak jarang mereka yang menjalankan ibadah puasa mengalami sakit kepala. Hal ini kerap membuat orang membatalkan puasa demi mengatasi rasa nyeri yang menyerang kepala.

“Sakit kepala kadang muncul saat siang / sore jelang berbuka. Frekuensinya kerap meningkat seiring waktu puasa. Padahal pasien yang mengalami tidak memiliki riwayat sakit kepala atau migrain,” ujar Dokter Elliot Shevel, ketua South African Headache Society dikutip dari SouthlandSun; Bagaimana melenyapkan sakit kepala yang mengganggu selama puasa?

Kebiasaan dapat asupan kafein harian berlebihan saat tak berpuasa dianggap jadi biang kerok penyebab sakit kepala. Untuk menghindarinya, konsumsi kafein yang berlebihan harus dikurangi jelang berpuasa. Kebiasaan mengurangi asupan kafein berlebih ini dilakukan beberapa hari atau seminggu jelang puasa. Namun selain kafein, hipoglikemia atau kadar gula darah rendah juga jadi pemicu sakit kepala.

Konsumsi makanan berkadar gula tinggi sebelum puasa bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Saat puasa, kadar gula turun drastis dan berpotensi menimbulkan sakit kepala.  Dia sarankan orang untuk menjaga asupan gula selama puasa agar tidak berlebihan dengan drastis saat sahur dan berbuka.

Dehidrasi juga punya andil dalam sakit kepala dirasakan saat berpuasa. Otak manusia sebagian besar terdiri dari air dan sensitif terhadap kekurangan cairan yang masuk ke tubuh. Otak mulai memproduksi histamin saat merespons kurangnya asupan cairan. Histamin berfungsi mendistribusikan dan menjaga kadar air dalam otak. Ia mengantisipasi jika kondisi minim asupan cairan dalam jangka waktu lama.

Produksi histamin juga membawa dampak negatif yakni timbul rasa sakit dan lelah atau dengan kata lain timbul sakit kepala, sehingga penting untuk menjaga asupan cairan selama puasa dengan mengontrolnya saat sahur dan berbuka.

“Pasien juga sebisa mungkin menjauhkan diri dari stres, kelelahan dan kurang tidur selama puasa, ini juga bisa jadi penyebab sakit kepala,” katanya. (Chs; Elise Dwi Ratnasari; Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180518103019-255-299171/cara-tepat-bebas-sakit-kepala-saat-puasa)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close