Selingan

kereta cepat madinah mekkah beroperasi september-2018

(cnnindonesia.com/internasional)-Jakarta, Arab Saudi segera memiliki kereta api cepat. Kereta ini penghubung kota Mekah-Madinah. Menteri Transportasi Arab Saudi Nabil bin Mohammed Al-Amoudi mengumumkan kereta cepat Mekah-Madinah, pertama di negeri minyak itu, beroperasi September-2018.

Kereta bertenaga listrik itu dirancang menembus kecepatan hingga lebih dari 300 km/jam dan dianggap menjadi yang tercepat di Timur Tengah. Al-Amoudi mengatakan kereta itu sanggup mengangkut 6 juta penumpang tiap tahun ketika sudah sepenuhnya beroperasi mulai awal 2019.

Kereta itu menempuh setidaknya 450 km melalui Kota Metropolitan King Abdullah dan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. Berdasar Visi Saudi 2030, Al-Amaoudi mengatakan pembangunan transportasi jadi salah satu pilar dan pendorong utama kebangkitan ekonomi nasional. Selain kereta cepat Mekah-Madinah, pembangunan bandara baru di Jeddah juga rampung.

Bandara itu mulai dioperasikan bulan ini, meski jumlah maskapai serta jadwal penerbangan masih terbatas. “Penerbangan domestik lain akan ditambah pada Juli dan September bersama 6 gerbang bandara baru bagi penermbangan internasional,” kata Al-Amoudi seperti dikutip Arab News.

Bandara Internasional King Abdulaziz baru juga akan beroperasi sepenuhnya pada 3 bulan pertama 2019 dengan total 46 gerbang. Al-Amoudi mengatakan jumlah gerbang itu 5x lipat dari yang ada sebelumnya.

Bandara itu kini mampu mengangkut sedikitnya 30 juta penumpang tiap tahun. Selain kereta cepat, Al-Amoudi mengatakan Arab Saudi juga tengah menggarap 12 bandara domestik. (Nat; Riva Dessthania Suastha;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180508122949-120-296543/kereta-cepat-mekah-madinah-beroperasi-september-ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close