Wisata dan Kuliner

Menikmati Espresso-Kopi dan Santan di Aceh

(viva.co.id/gaya-hidup)-Akhir2 ini varian jenis minuman kopi tengah berkembang. Di zaman serba modern ini, minum kopi tak melulu bubuk kopi diseduh dengan air panas. Berbagai campuran turut dimasukkan ke kopi. Mulai  vodka, wine, air nira berbagai sari buah dan kreasi lain, seperti cocktail.

 

Kali ini VIVA  mencicipi kopi yang unik, yakni espresso dicampur santan di Moorden Coffee kawasan Beurawe, Banda Aceh. Santan yang digunakan dari kelapa yang baru diparut. Hasil parutan itu dicampur ke espresso ditambah gula aren. Biji kopi yang digunakan arabica Gayo. Hasilnya, kopi kaya rasa dan diberi nama Sanpresso atau santan espresso.

 

Selintas, tekstur sanpresso mirip kopi sanger Aceh. Tapi perbedaan soal rasa cukup mencolok. Sanpresso memiliki karakter lebih kental, rasa santannya menyatu dengan aroma kopi arabika, membuatnya tidak eneg di perut.

 

“Di situ dapat lemaknya, kita padu kopi espresso jadi teksturnya mirip sanger. Tapi rasanya hambar, tidak manis seperti sanger. Jadi ada taste tersendiri di dalam sanpresso ini,” kata Owner Moorden Coffee, Fachrizal saat ditemui di coffee shop miliknya.

 

Eksperimen sanpresso itu terbilang berhasil. Terbukti peminatnya yang banyak dari kalangan muda. Apalagi sanpresso berkarakter sendiri dengan keseimbangan takaran one shoot espresso dan santan.

 

Salah seorang penikmat kopi sanpresso, Hendri Abik mengakui, cita rasa kopi ini beda dengan kopi yang dicampur susu. “Ya, rasanya mungkin agak sedikit mirip seperti es cendol minuman khas di Indonesia, tapi bedanya sanpresso ini aroma kopi arabikanya terasa” ujarnya.

 

Pendapat senada dari Maulinda Yani. Menurutnya, rasa kopi sanpresso beda dengan kopi lain. “Rasanya enak, bagi yang suka kopi pasti suka dengan rasa baru espresso ini”. Untuk menikmati kopi ini, Anda harus sering2 mengaduknya agar santan tidak mengendap di dasar gelas. Setiap ingin menyeruput, disarankan mengaduknya lebih dulu.

 

Soal harga, satu gelas kopi sanpresso Rp15 ribu di Moorden, kedai kopi yang buka pukul 12.00-23.00. Jadi, Anda tak perlu jauh2 menikmati kopi campur santan yang lebih dulu populer di Negeri Sakura  Jepang. Cukup jika kita ke Aceh dan singgah di Moorden Coffee.

 

Kita bisa menikmati sajian2 kopi anti-mainstream, seperti nirapresso (air nira campur kopi) dan kopi arabika campur telur, dan berbagai jenis olahan kopi lainnya. (mus; Tim Viva; Bahan dari : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1032740-nikmatnya-sanpresso-kombinasi-kopi-dan-santan-di-aceh)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close