Kesehatan

Agar Nutrisi tercukupi untuk Berbuka dan Sahur

(health.detik.com )-Jakarta; Pada saat berbuka dan sahur, kita cenderung makan lebih banyak dari biasanya untuk menutupi rasa lapar selama 14 jam berpuasa Ramadan. Akan tetapi. Porsi makan, yang banyak ini belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi selama sehari.

Bagaimana caranya agar nutrisi kita tetap terpenuhi saat berpuasa? dr Jenny M Kusumo, SpGK dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang, menyebutkan jumlah dan jenis makanan harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan harian selama puasa.

“Sekitar 40 – 45% kebutuhan yang diperlukan tubuh harus dapat terpenuhi saat sahur. Jenis makanan yang dianjurkan adalah mengandung karbohidrat kompleks (50-60%), seperti buah dan sayur, oatmeal, beras merah,” jelasnya saat dihubungi detikHealth.

 

Serat dalam karbohidrat kompleks akan memberi rasa kenyang lebih lama, lanjut dr Jenny, sapaannya. Selain karbohidrat, ia juga menekankan pentingnya protein (15-20%) seperti ikan, ayam, daging, tahu, tempe, telur dan kacang-kacangan.

Ia juga sarankan menghindari lemak dan minyak berlebihan karena mengganggu pencernaan. Makanan terlalu asin harus dihindari karena menimbulkan rasa haus berlebihan. “Saat berbuka dimulai dengan mengkonsumsi air dan makanan ringan seperti buah, lanjut makan berat,” pungkas dr Jenny. (Frp; Up;  (Frieda Isyana Putri ; Bahan dari : https://health.detik.com/diet/4054569/agar-nutrisi-tercukupi-ini-saran-dokter-untuk-sahur-dan-berbuka)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close