Iptek dan Lingk. Hidup

Langkah menghadapi Mobil Over heating Saat perjalanan

(autotekno.sindonews.com)-Jakarta; Menempuh perjalanan jauh (juga saat mudik), jangan lupa berhenti sejenak agar kondisi tetap prima dan performa mobil tetap terjaga. Bagaimana jika ditengah jalan mesin mobil mengalami overheat?

Mengutip melalui web resmi Daihatsu, begini 6 langkah awal mengatasi mobil yang overheat
1-Berhentikan di Pinggir Jalan dan Matikan Mesin Mobil

 

Ketika overheat pada mesin mobil, segera berhenti dan pinggirkan mocil. Matikan mesin mobilnya. Hal agar mobil tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Setelah itu, awasi jarum temperatur.

2-Buka Kap Mesin agar Panas cepat Menyingkir

Jangan biarkan panas terperangkap di ruang mesin. Cari tuas kecil pembuka kap mesin, lalu angkat. Hati-hati karena kadang2 tuas berada di dekat radiator sehingga ada risiko tersengat panas radiator.

3-Jangan Buka Tutup Radiator Bila Mesin Masih Panas

Jika membuka tutup radiator pada saat mesin mobil masih panas, dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena.

4. Periksa Tabung Cadangan Air Radiator dan Isi jika Perlu

Setiap mobil pasti memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan membantu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian air. Jika air kurang maka bisa berbahaya untuk mesin.

 

Langkah pertama menambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas. Bisa mengisi air di tabung meskipun mesin panas atau bisa juga menunggu kondisi mesin dingin. Namun, jika mobil kamu hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, harus menunggunya hingga dingin sebelum membukanya.

5. Cari Kebocoran pada Sistem Pendinginan
Jika radiator atau kepala silinder rusak, mungkin terjadi kebocoran dalam sistem pendingin. Jika kamu berpengalaman dengan mobil, periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket, apakah ada kebocoran. Jika tidak paham, bawa mobil ke bengkel terdekat dan minta dilakukan tes tekanan sistem pendingin. Pemeriksaan ini mudah dan mungkin bisa gratis.

6-Putuskan, Apakah Tetap Jalan atau Memanggil Bantuan
Jika radiator hanya kekurangan cairan dan anda bisa mengisinya, ini tidak masalah. Isi dan lanjutkan perjalanan. Namun, jika dirasa overheating ini terlalu parah bisa ikuti petunjuk ini:

– Jika air terlihat habis sama sekali, jangan jalankan mobil.
– Jika bantuan mudah didapat, minta mobil diderek daripada harus mengendarainya.
– Jika tidak ada bantuan atau kondisi tidak aman, lebih baik teruskan mengemudi demi keselamatan. (wbs; Intan Rakhmayanti; Bahan dari :  https://autotekno.sindonews.com/read/1314857/128/6-langkah-jitu-atasi-mobil-overheat-saat-dibawa-mudik-1529428340)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close