Kesehatan

Manfaat Kopi untuk Diet

(merdeka.com/sehat)- Kopi mengandung sejumlah besar kafein. Kandungan2nya termasuk bahan psikoaktif yang mampu membantu pencernaan lemak, karenanya sering dimasukkan dalam suplemen penurun berat badan.

 

Kopi bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan. Tak hanya kafein, beberapa kandungan di dalamnya membantu metabolisme lemak. Berikut ini manfaat kopi untuk diet yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Boldsky.

 

1-Dapat membantu melepaskan lemak dari jaringan lemak

2-Dapat meningkatkan metabolisme

3-Membantu peningkatan thermogenesis

4-Menjadikan tubuh aktif

 

Dapat membantu melepaskan Lemak dari Jaringan Lemak

Kafein merangsang nervous system memberi sinyal kepada sel2 lemak untuk memecah lemak.

 

Dapat meningkatkan Metabolisme

Menurut hasil penelitian, kafein meningkatkan pembakaran lemak 29% pada orang-orang bertubuh ramping dan 10% pada orang yang memiliki tubuh gemuk.

 

Membanttu peningkatan Thermogenessis

Kafein dapat membantu tubuh untuk mencerna kalori dan mengubahnya jadi panas. Ini menjadikan pembakaran lemak semakin efektif.

 

Menjadikan tubuh aktif

Biji kopi mengandung sejumlah kandungan aktif seperti kafein, theobromine, chlorogenic acid, dan theophylline. Kafein dalam kopi dapat memblokir adenosine, sehingga dopamine dan norepinephrine dapat dilepaskan oleh tubuh. Inilah yang menjadikan tubuh senantiasa aktif.

 

Dewasa yang tak memiliki masalah dengan kafein, konsumsi kopi hingga 400 miligram (4 cangkir jika diseduh menjadi minuman) per hari tergolong aman. Walau harap diingat, fungsi pembakaran lemak yang dimiliki kafein hanya efektif jika kopi tidak ditambahkan gula atau krim.

 

Kafein juga bisa memberikan efek melangsingkan yang lebih besar jika dikombinasikan dengan catechin EGCG dari teh hijau. Jadi silakan mengonsumsi kopi dan teh hijau secara bergantian dalam jumlah sewajarnya untuk mendapatkan efek pembakaran lemak maksimal.

 

Anak2 tidak disarankan mengonsumsi kopi. Manula sebaiknya membatasi jumlah asupan kafein kurang dari dosis yang dianjurkan. Pasalnya konsumsi kafein berlebihan menyebabkan insomnia, sakit kepala, kegelisahan, sakit perut, tremor pada otot, dan sering buang air kecil. (Tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-kopi-untuk-diet.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close