Wisata dan Kuliner

Masjid Tua Patimburak di Papua berumur 1 Abad

(merdeka.com/travel)- Tak hanya alamnya yang indah, namun Distrik Kokas, Kab-Fakfak, Papua Barat juga memiliki masjid yang tak kalah indah. Bernama Masjid Tua Patimburak, yang ada rekam sejarah di baliknya. Yang menurut perkiraan masjid ini berdiri sejak tahun 1870.

 

Melihat hal itu, kini umur Masjid Tua Patimburak (148) tahun. Bangunnya masih berdiri dan digunakan hingga kini. Masjid yang awalnya bernama Masjid Al Yasin ini didirikan imam dari Kesultanan Ternate bernama Abuhari Kilian. Berdesain unik karena ada perpaduan antara Eropa dam Indonesia.

 

Bisa dibilang begitu karena jika dilihat dari kejauhan Masjid Tua Patimburak terlihat seperti gereja. Masuk ke dalam masjid, kita akan menemukan 4 pilar penyangga yang seperti desain bangungan Jawa. Juga interior sekitar, terlihat seperti bangunan di Pulau Jawa.

 

Dengan umurnya yang lebih dari satu abad ini Masjid Tua Patimburak, beberapa kali di renovasi. Namun renovasi dilakukan tidak mengubah keaslian dari masjid ini. Banyak yang menyangka jika Masjid Tua Patimburak ini masjid pertama di Papua. Namun anggapan ini salah. Tak ada literatur mengenai fakta ini.

 

Berdasarkan catatan Tim Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala dalam buku €Masjid Kuno Indonesia€, ada dua langgar (tempat ibadah lebih kecil dari masjid) yang dibangun namun kemudian tidak berdiri lagi di sana.

 

Menurut imam Masjid Tua Patimburak : Penyebaran Islam di Kokas ini tak terlepas dari Kerajaan Tidore yang kekuasaannya sampai ke Papua abad ke-15. Meski belum ada literatur yang melukiskan asal-usul kehadiran kaum muslim di Fakfak, tapi kenyataannya 60% warga Fakfak dan sekitarnya beragama Islam.

 

Hal ini menunjukkan jika Fakfak kabupaten yang memeluk agama Islam terbesar di Papua Barat. Dan Masjid Tua Patimburak, salah satu saksi sejarah. Jika kalian ke Raja Ampat, cobalah mampir ke Masjid Tua Patimburak. Kalian akan melihat keindahan masjid di Papua ini. Tak susah untuk datang kesini.

 

Dari Fakfak lakukan perjalanan darat ke Kokas. Akan ditemui jalanan berkelok dengan segarnya udara pegunungan 2 jam perjalanan. Dari Kokas lanjut ke Kampung Patimburak menggunakan longboat sekitar 1 jam. (kpl/gen; Bahan dari : Kapan lagi.com dan https://www.merdeka.com/travel/mengenal-masjid-patimburak-masjid-tua-di-papua-berumur-1-abad-lebih.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close