Wisata dan Kuliner

Pedati Terbesar Tua dan Bersejarah

(beritasatu.com/histori)- Pedati milik Pangerang Walangsungsang ini paling bersejarah. Berada di Cirebon, Jabar, pedati yang dibuat pada 1371, konon dikerjakan cuma semalam. Pangerang Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana, anak Prabu Siliwangi Padjajaran, saudara kandung Kian Santang.

 

Pedati itu bernama, Ki Gede Pedati. Rumah tempat pedati berada punya juru kunci. Ia perempuan bernama Taryi. Ia generasi ke-14 yang jadi juru kunci pedati. Dulu Ki Gede Pedati Pekalangan ini ditarik seekor kerbau bule, jalannya bukan di darat melainkan terbang. Pedati ini alat transportasi Sang Pangeran dalam penyebaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa.

 

Masa pemerintahan Sultan Cirebon kedua : Sunan Gunung Jati, Ki Gede Pedati digunakan untuk mengangkut material pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Ini pedati terbesar yang pernah ada. Pedati ini semula dibuat dengan panjang 15 mt, lebar 2,5 dan tinggi 3 mt dengan 12 roda dan 1 roda sampai tinggi 2 mt ini pedati yang terbesar di dunia.

 

Akibat kebakaran yang melanda desa ini pada 1900 awal, bagian2 pedati rusak dan kini setelah dirakit ulang menggunakan sisa yang utuh, panjangnya tinggal 8.9 mt dengan 8 roda. (Mahmur marganti; Bahan dari : beritasatu.com dan http://www.beritasatu.com/histori/493077-inilah-pedati-terbesar-tua-dan-bersejarah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close