RSS Feed     Twitter     Facebook

Refleksi Diri: Selagi Masih Ada Waktu(2/3)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 22 views    Font size:
Refleksi Diri: Selagi Masih Ada Waktu(2/3)

Allah Swt. telah memberikan petunjuk, cara manusia menggunakan waktu dalam menyikapi setiap episode kehidupan. Ketika kita dalam kondisi taat kepada Allah, tingkatkan terus kualitas ibadahnya.

 

Ketika terjerumus pada tindakan maksiat, cepatlah beristighfar memohon ampunan, dan segera bertaubat. Ketika kita mendapat nikmat dari Allah, banyak2lah bersyukur. Dan ketika kita mendapat musibah, bersabarlah dan segera introspeksi diri, berikhtiar cari solusi. Yakinlah di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

 

Di tengah kesibukan, kadang kita lupa menyisihkan waktu untuk berpikir tentang arti sebuah kehidupan yang tengah kita jalani, dan ke arah mana kita akan menuju. Padahal dengan sedikit waktu untuk merenung, mungkin banyak perubahan yang akan bisa kita raih.

 

Ya, merenung berarti sejenak kita berpikir mendalam, untuk menjernihkan hati dan pikiran. Dengan merenung, kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa yang pernah kita lalui, merefleksi, introspeksi, dan evaluasi diri, kemudian membuat keputusan, atau berpikir lain dalam konteks yang lebih positif. Mengapa hal ini perlu kita lakukan?

 

Perlu kita sadari bahwa hidup ini akan lebih indah  jika kita bisa meraih sukses, sukses dunia dan sukses akhirat, menjadi orang yang saleh dan banyak berbuat kebaikan. Namun percayalah bahwa sesungguhnya tidak ada jalan pintas menuju sukses.

 

Faktanya, terkadang keringat dan air mata sudah bercucuran tetapi yang ditemui hanyalah kegagalan, kesengsaraan, dan penderitaan. Kata-kata sukses yang diharapkan bukannya mendekat, malah semakin menjauh. Mengapa nasib tidak juga  berubah? Apakah ada yang salah dalam cara menggapai sukses?

 

Sukses itu kata2 indah yang jadi harapan orang. Sayangnya ia selektif, tidak datang menghampiri setiap orang. Hanya orang2 yang telah memenuhi syarat yang bisa mendapatkan sukses. Jika Anda tidak yakin akan datangnya sukses, maka akan semakin menjauhlah sukses yang Anda dambakan. Meraih sukses adalah proses panjang bagaikan sebuah perjalanan yang harus ditempuh melalui banyak rintangan.

 

Sukses tidak akan menghampiri orang-orang yang hanya berangan-angan atau hanya berpangku tangan, atau hanya mengucapkan dengan kata-kata saja tanpa ada usaha yang sungguh-sungguh. Sukses dapat diraih hanya dengan tindakan nyata yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan.

 

Masalahnya, suksesnya sangat disenangi orang, tetapi perjuangan dan pengorbanan inilah yang paling dibenci oleh kebanyakan orang. Mereka tidak menyadari bahwa sukses adalah sebuah sistem yang tidak dapat dipisahkan. Hidup adalah pilihan, dan sukses adalah peluang.

 

Maka siapa yang pandai memanfaatkan peluang tersebut, ia akan memiliki garis kehidupan yang lebih baik. Sukses tidaklah diskriminatif. Anda juga punya hak untuk menjadi orang yang hebat.

 

Rahasia itu memberi pemahaman pada kita, perubahan hidup yang lebih baik hanya datang pada orang yang mau berusaha untuk mendapatkannya dengan penuh antusias, bukan ke mereka yang hanya mengharapkan tanpa berbuat apa2. Masalahnya, kapan Anda mau menemukan kesadaran agar hidup Anda berubah jadi lebih baik? (Bandung, 28/11/11; Muchtar AF; E-mail: muchtar_af@yahoo.com)-FR *Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code