Selingan

Tradisi lebaran Nusantara-(1/3)

(travel.kompas.com)-Hari Idul Fitri atau Lebaran 1438 H tinggal sehari. Seluruh umat Muslim di dunia, terutama di Indonesia, terus bersiap diri menyambut hari nan fitri. Keragaman budaya di Nusantara  memberi warna berbeda hingga memunculkan tradisi yang tak boleh dilewati tiap Hari Raya tiba.

 

Berikut sejumlah tradisi-tradisi unik di penjuru Nusantara, dari Aceh hingga Papua, yang dirangkum Kompas.com disajikan dalam 3 seri

 

1-Kenduri Makam di Aceh

Tradisi yang turun-temurun dilakukan warga Desa Pasi di Kabupaten Aceh Barat ini diperingati di hari ke 12 setelah perayaan Hari Idul Fitri. Warga desa melakukan ziarah dan makan kenduri bersama di lokasi pemakaman tempat di mana keluarga mereka dikebumikan.

 

Orang yang menghadiri ritual kenduri, masing2 bawa bermacam masakan nasi dan aneka kue khas Aceh untuk dimakan bersama usai rangkaian acara ritual dilakukan.

 

2-Malaman di Lampung

Tradisi ini dilakukan pada malam takbir, sehari menjelang Idul Fitri. Anak2 dan remaja laki-laki akan menyusun batok2 kelapa di halaman rumah mereka hingga menjulang setinggi 1 meter bahkan lebih. Menjelang Lebaran, akan ada banyak batok kelapa yang tidak terpakai sisa memasak rendang.

 

“Menara sabut kelapa” itu dibakar hingga api tampak menjulang dan anak2 pun bersorak kegirangan. Butuh waktu sekitar 60 menit hingga semua sabut kelapa terbakar dan menyisakan bara yang memerah terserak di tanah. Dulu, bara tersebut dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam setrika besi dan digunakan untuk menyetrika baju baru untuk dikenakan saat Lebaran tiba.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Serunya Tradisi Lebaran di Nusantara, dari Aceh hingga Papua”, Penulis : Aningtias Jatmika Kurniasih Budi; Bahan dari :  https://travel.kompas.com/read/2017/06/24/135332127/serunya.tradisi.lebaran.di.nusantara.dari.aceh.hingga.papua)-FatchurR *Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close