Kesehatan

Jangan Cuci Daging Ayam Saat akan Memasaknya

(lifestyle.kompas.com)-Dengan alasan kebersihan, kita kerap mencuci bahan makanan yang akan kita masak, termasuk saat akan memasak ayam. Ahli kesehatan menentang hal itu. Sebab, mencuci unggas saat akan memasaknya, menyebarkan bakteri dan risiko kontaminasi.

 

Banyak orang berpikir mencuci ayam itu cara terbaik menghilangkan kuman / kotoran yang bersarang. Seperti dilansir Reader’s Diggest, ayam mentah kadang ditumbuhi bakteri, seperti campylobacter atau salmonella. Membasuhnya dengan air tak mampu membasmi bakteri. Berdasar layanan kesehatan nasional Inggris, mencuci ayam akan makin memperluas penyebaran bakteri.

 

Air yang kita gunakan mencucinya dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja dan pakaian. Lantas, apa cara tepat menghilangkan kuman dan kotoran? Menurut Departemen Pertanian AS, cara terbaik menghilangkan bakteri pada unggas adalah memasaknya dengan suhu tepat. Ini berlaku untuk berbagai jenis daging dan ikan. Suhu minimum memasak ayam harus 74°C.

 

Chef2 profesional, seperti Julia Child dari AS, tak mempermasalahkan jika kita cuci ayam sebelum memasaknya. Tapi, chef Ina Garten yang juga asal AS, berkata sebaliknya. Mencuci ayam sebelum memasaknya justru berbahaya bagi kesehatan. Jennifer Quinlan, peneliti keamanan makanan dari Drexel University mengatakan, kita bisa bersihkan ayam dengan handuk kertas atau paper towel.

 

Namun, jika kita ingin membersihkan dengan mencuci, segera bersihkan permukaan benda yang terkena air cucian ayam. Basuh tangan sampai bersih setelah menyentuh daging mentah atau makanan apa pun. Selain itu, kita juga tak boleh menyentuh benda yang telah digunakan untuk mencucinya untuk menghindari kontaminasi bakteri.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jangan Cuci Daging Ayam Saat akan Memasaknya…”, Penulis : Ariska Puspita Anggraini; Editor : Glori K. Wadrianto; Reader’s Digest dan  https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/16/183000220/jangan-cuci-daging-ayam-saat-akan-memasaknya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close