Kesehatan

Jangan remehkan Influenza-Efeknya komplikasi sampai Kematian

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Pastikan Anda tak menyepelekan influenza. Pasalnya, meski penyakit ini dapat pulih dengan sendirinya, namun bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti diabetes dan gagal jantung. Penyakit2 ini bisa berujung kematian.

“Komplikasi akibat influenza bisa radang paru, infeksi telinga, infeksi sinus dan perburukan kondisi medis seperti gagal jantung kongestif, asma atau diabetes. Kematian juga dapat terjadi akibat komplikasi influenza,” kata Satgas Imunisasi Dewasa Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM.

Influenza itu penyakit saluran nafas akut yang mudah menular disebabkan virus influenza. Penularan virus mudah terjadi melalui udara, percikan ludah dan kontak langsung dengan pasien. Setiap orang, termasuk mereka yang sehat dapat terkena influenza.

“Virus influenza terbagi dua tipe yaitu A dan B. Masing2 dari tipe itu dibagi 2 macam yaitu A/H1N1 atau flu musiman dan A/H3N2 atau flu Australia. Virus B terbagi jadi B Yamagata dan B Victoria,” jelasnya.

Influenza bergejala sama seperti selesma, pasien akan mengalami gejala berupa batuk, demam, menggigil, nyeri otot, pilek, sakit kepala, kelelahan dan mual. Karena itu, penyakit influenza sering disamakan dengan selesma lantaran juga sering terjadi sehari-hari dan dapat pulih dengan sendirinya.

“Pada influenza bisa terjadi sendi sakit. Influenza juga bisa lemah sampai satu bulan karena selesma tidak selalu lemah masih bisa bekerja, tapi kalau influenza terbaring 5-10 hari,” ungkapnya.

Akibat kemiripan gejala ini, banyak yang berobat tak tepat serta mengabaikan gejala2 yang muncul. Padahal penanganan yang tak tepat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Komplikasi dapat terjadi pada kelompok berisiko tinggi seperti anak2, usia Lansia diatas (65), individu dengan penyakit kronik dan ibu hamil.

“Kalau panas tinggi, biasanya komplikasi ke pneumonia atau infeksi paru-paru” tandasnya. (tdy; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1322477/155/jangan-sepelekan-influenza-efeknya-sebabkan-komplikasi-hingga-kematian-1531812366)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close