RSS Feed     Twitter     Facebook

Jokowi menerima Sulaman Besar Al Quran dari Tokoh Konghucu

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 20 views    Font size:
Jokowi menerima Sulaman Besar Al Quran dari Tokoh Konghucu

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Presiden menerima sulaman Alquran yang disebut terbesar di dunia yang dibuat bagi seluruh umat Muslim. Sulaman Alquran itu dari tokoh Konghucu sekaligus pengusaha Malaysia Tan Sri Lee Kim Yew.

Utusan Khusus untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin, mengatakan awalnya Lee berencana menyerahkan sulaman Alquran itu ke Raja Arab Saudi, Salman Abdul Aziz, karena dianggap pusat Islam. Din lalu menawarkan kepada Lee agar sulaman itu diberikan ke Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar.

“Saya bujuk beliau agar hadiah itu diberikan melalui Presiden RI, karena Indonesia berpenduduk muslim terbesar di dunia dan beliau sepakat,” kata Din di Istana Negara (11/7). Lee mendanai penuh sulaman Alquran 450 mt yang terbagi jadi 30 gulungan. Setiap gulungan bersulam satu juz sepanjang 17 meter.

Alquran ini disulam 3 tahun oleh 40 orang ahli terbaik dunia di Provinsi Otonomi Khusus Muslim di China, Ninxia dan sudah di cek keakuratan tulisannya oleh ahli2. Hasil sulaman itu disimpan baik dalam 2 peti kayu pilihan yang tidak bisa dimasuki semut dan serangga. Hal ini dilakukan Lee diam2.

 

Wujud Persaudaraan
Din mengatakan Lee ingin menghibahkan Alquran sulaman ini ke masyarakat Indonesia sebagai wujud persaudaraan. “Bagi umat Islam Indonesia ini pelajaran, seorang non-Muslim, penganut Konghucu mau menafkahkan hartanya, enggak tahu berapa miliar rupiah, untuk menulis Alquran sebagai suatu khasanah kebudayaan,” ucap Din.

Lee mengatakan ia lakukan karena tahu Alquran itu obat dan penguat kehidupan umat, termasuk di luar umat muslim. “Ajaran Alquran mengajarkan manusia tentang perdamaian, kebenaran, dan kasih. Saya percaya jika umat muslim dan umat lain tahu ajaran ini maka kita bisa jadikan dunia lebih baik,” katanya.

Namun, ia enggan menjawab biaya demi menyelesaikan karya besar ini. Menurutnya, hal itu menjadi suatu kehormatan baginya bisa menghadiahkan sulaman Alquran terbesar itu bagi umat muslim dunia. (Ugo; Christie Stefanie;  Bahan dari :   https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180711202842-20-313388/jokowi-terima-sulaman-besar-alquran-dari-tokoh-konghucu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code