Kesehatan

Kejadian Langka-Kuku nyaris Copot Gara2 Spa Ikan

(health.detik.com)-Jakarta; Spa ikan itu jenis terapi. Seorang pelanggan bisa mencelupkan tangan atau kaki ke dalam kolam yang biasanya diisi oleh ikan dari jenis Garra rufa. Ikan2 itu akan berkerumun memakan kulit mati.

Nah terkait hal itu seorang wanita berusia (20) dari New York dilaporkan dalam jurnal JAMA Dermatology mengalami efek samping tak terduga dari spa ikan. Kuku2 jari kakinya berhenti tumbuh hingga nyaris copot.

 

Sang wanita tak pernah memiliki faktor risiko untuk penyakit kuku namun ia melihat kalau kuku kakinya mulai terpecah dalam waktu 6 bulan. Bagian dalam kukunya terpisah sehingga tampak berlubang tanpa disertai rasa sakit.

Dokter mendiagnosis wanita itu berkondisi onychomadesis. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, obat2an tertentu, hingga pengaruh genetik. Ketika terjadi jari akan berhenti menumbuhkan kuku untuk sekitar 12 minggu.

Tidak dijelaskan bagaimana pastinya spa ikan menimbulkan onychomadesis, namun diduga sang wanita terkena infeksi oleh bakteri yang ada pada ikan. Teori lain menyebut kuku mengalami trauma akibat gigitan ikan sehingga berhenti tumbuh.

“Kasus ini menjadi contoh masalah kulit dan kuku yang bisa berhubungan dengan pedikur ikan. Pasien butuh edukasi oleh spesialis kulit mengingatkan efek samping dari terapi ini,” tulis dokter dalam jurnal seperti dikutip pada Selasa tanggal 3/7/2018. (Fds; Fds; copot-gara-gara-coba-spa-ikan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close