Kesehatan

Kondisi kaki menandakan Masalah Kesehatan

(health.detik.com)-Jakarta; Ketika seseorang menderita penyakit, banyak dari mereka mengabaikan gejala awal yang tubuh tunjukkan. Jika diamati, beberapa gejala awal penyakit juga diungkap lewat kaki.

Kondisi kaki Anda bisa menunjukkan yang terjadi pada kesehatan tubuh. Mulai dari kaki kering dan terkelupas sampai mati rasa. Untuk mengetahui kesehatan Anda berikut tanda2 yang bisa dideteksi melalui kaki.

 

1-Gangguan Tiroid
Kaki terlalu kering dan terkelupas bisa jadi pertanda masalah tiroid, terlebih jika sudah menggunakan pelembab dan tak banyak membantu. Yang bermasalah tiroid mengalami kekeringan kulit yang parah.

 

2-Peripheral Aeterial Disease (PAD)
Kondisi lain yang diungkapkan lewat kaki : Kebotakan pada rambut jari kaki. Ini disebabkan Peripheral Arterial Disease (PAD) atau keadaan sirkulasi arteri menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke kaki. Ini juga menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut di kaki sehingga jari kaki terkesan gundul.

 

3-Asam Urat atau Gout
Nyeri di kaki atau jari kaki itu indikasi asam urat atau gout, sejenis radang sendi. Kondisi ini biasanya mempengaruhi sendi pada jempol kaki. Karena itu hindari makanan tinggi purin.

 

4-Diabetes (DM)

Salah satu gejala umum DM itu luka pada yang tak sembuh2. Hal ini terjadi karena kadar glukosa tidak terkontrol yang merusak saraf dan mempengaruhi sirkulasi darah. Orang yang mengalami DM didiagnosis dengan masalah kaki pada awalnya. Gejala2 DM lainnya : Kesemutan dan mati rasa di kaki.

 

5-Infeksi Jantung
Jika Anda menemukan garis merah di bawah kuku jempol kaki, ber-hati2lah. Ini jadi pertanda pembuluh darah yang rusak. Ini terjadi ketika terjadi penggumpalan di bagian di bawah kuku. Hal itu bisa jadi tanda penyakit endokarditis, infeksi di bagian jantung.

 

6-Kanker Paru2 atau penyakit Jantung
Gejala jari kaki yang membengkak kerap dikaitkan dengan kanker paru-paru, infeksi paru kronis, penyakit jantung, dan penyakit usus. Kanker paru-paru dan penyakit jantung akan menurunkan resistensi vaskular, yang berari aliran darah ke arteri kecil di kuku kaki dan ujung jari akan meningkat.

 

7-Psoriasis

Gejala lain yang tidak boleh diabaikan, lubang atau alur kecil di kuku kaki Anda. Orang yang menderita psoriasis kuku mengalami psoriasis di bagian kulit. Perlu dicatat hanya 5% orang yang mengalami psorias di bagian kuku dan tidak mengalami hal yang sama di bagian tubuh lainnya.

 

8-Anemia atau Lupus
Kuku yang menyerupai sendok begindikasi kekurangan zat besi. Itu bisa jadi tanda  anemia atau lupus. Kondisi ini biasanya dialami anak kecil, namun normal dengan sendirinya dalam beberapa tahun. Jika mengalami hal ini, segera periksakan. Mungkin harus menjalani tes darah untuk mengetahui kondisi itu.

 

9-Kanker Kulit
Jika ada garis gelap dan vertikal di bawah kuku jari kaki Anda, itu bisa jadi tanda melanoma, jenis kanker kulit yang menyerang bagian tubuh yang sulit terlihat. Garis hitam itu dimulai dari ujung kuku, lurus hingga berhenti di dasar kuku. Lakukanlah memeriksakan diri ke dermatolog atau ahli penyakit kulit. (Hrn; Up; Suherni Sulaiman; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/3689815/berbagai-kondisi-kaki-yang-menandakan-masalah-kesehatan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close