RSS Feed     Twitter     Facebook

Mana lebih sehat Kroasia atau Prancis

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Mana lebih sehat Kroasia atau Prancis

(health.detik.com)-Jakarta; Final Piala Dunia-2018 telah usai dan juaranya Anda tentu telah tahu jadi saya tak ingin menggurui Anda. Tapi mari kita lihat perbandingan cara mereka menjaga kesehatannya : Kedua negara ini disebut WHO sebagai negara yang memiliki ekspektasi hidup yang tinggi.

Republik Kroasia terletak di tenggara benua Eropa. WHO dalam situs resminya menuliskan ekspekstasi hidup bagi pria di Kroasia Usia (75) sedang bagi wanita (82).

Negara yang terkenal dengan pantainya, warga Kroasia memiliki gaya hidup sehat. Sedikitnya gerai makanan cepat saji, dan lebih banyak orang memasak makanan sendiri dari bahan2 segar dan organik.

“Aku belanja di pasar lokal sesering mungkin, aku makan lebih banyak buah2an segar, sayuran, kacang2-an, minyak zaitun dan ikan. Saat aku tiba di Kroasia, aku takjub dengan orang2 terlihat bahagia dan tampak bugar,” tutur Tash Pericic pemandu wisata di Kroasia, dikutip dari Total Croatia News.

Tak jauh beda, warga Prancis menyenangi belanja di pasar lokal. Ekspektasi hidup warga Prancis lebih tinggi dari Kroasia, (80) bagi pria dan usia (86) bagi wanita, menurut WHO. Tingkat obesitas di negara tetangga Kroasia ini 15,3%, menurut New York Times. Walau terkenal sebagai negara dengan kulinernya sangat disanjung, mereka memiliki kebiasaan makan sehat.

Sejak usia muda di Prancis diajarkan makan dengan porsi secukupnya dan jarang ngemil. Mereka tidak terlalu berlebihan mengonsumsi alkohol atau kafein, dan dibanding AS, orang Prancis lebih santai dalam menghadapi hari2nya, tidak buru2. Urusan OR, warga Prancis merasa OR tak perlu harus di gym atau ‘berolahraga’. Mereka lebih menyenangi OR berjalan ke manapun pergi.

“Menurut beberapa studi, rata2 warga Prancis berjalan signifikan lebih banyak ketimbang rata2 warga AS. Berjalan cepat tak hanya bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, tapi juga memberi OR yang cukup baik tanpa merusak sendi2 tubuh” demikian dilaporkan situs AARP.

Kroasia dan Prancis merupakan salah satu contoh negara di Eropa yang memiliki gaya hidup sehat yang bisa kita tiru. (Frp; Fds; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4115876/kroasia-vs-prancis-mana-yang-punya-gaya-hidup-lebih-sehat)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code