Selingan

Mengenal Time Bank di Swiss

(Swiss Time Bank, Switzerland)-Seorang siswa dari luar negeri yang belajar di Swiss mengamati negara itu. Saat belajar di Swiss, saya menyewa sebuah rumah di dekat sekolah.

 

The landlord Kristina adalah wanita usia (67) bekerja sebagai guru di sekolah menengah sebelum dia pensiun. Pensiunan Switzerland sangat kaya, cukup untuk tidak membuatnya khawatir tentang makan dan minum di tahun2 berikutnya. Yang membingungkan dia benar2 menemukan Pekerjaan untuk merawat lelaki tua (87).

 

Saya bertanya apakah dia bekerja untuk mencari uang?

Jawabannya mengejutkan saya. “Saya tidak bekerja untuk uang, tetapi saya menghabiskan waktu saya di Bank Waktu, dan besok ketika saya tidak bisa bergerak di usia tua, saya bisa menariknya.”

 

Pertama saya dengar konsep Bank Waktu, saya ingin tahu dan bertanya ke pemilik rumah secara menyeluruh. Time Bank asli adalah program pensiun hari tua yang dikembangkan oleh Kementerian Keamanan Sosial Federal Swiss. Orang2 menyelamatkan waktu merawat lansia ketika mereka muda, dan menunggu sampai mereka tua, sakit atau butuh perawatan.

 

Pelamar harus sehat, pandai berkomunikasi dan penuh cinta. Tiap hari mereka punya banyak waktu  merawat lansia yang butuh bantuan. Jam layanan mereka disimpan ke akun pribadi dari sistem jaminan sosial. Dia pergi bekerja 2x / minggu, menghabiskan 2 jam tiap kali, membantu orang tua berbelanja, menyelesaikan ruangan, membawa orang tua keluar berjemur, mengobrol dgn orang tua.

 

Menurut perjanjiannya, setelah satu tahun masa kerjanya berakhir, Time Bank menghitung jam kerjanya dan memberinya : Kartu Bank Waktu. Ketika dia butuh seseorang untuk merawatnya, dia dapat menggunakan Kartu Bank Waktu, menarik Waktu & Bunganya. Setelah verifikasi informasi disahkan, Time Bank menugaskan sukarelawan merawatnya ke rumah sakit atau rumahnya.

 

Suatu hari, saya di sekolah dan induk semang menelepon dan mengatakan dia jatuh dari bangku ketika dia menyeka jendela. Saya segera pergi dan mengirimnya ke RS untuk perawatan. Sang induk semang itu patah pergelangan kakinya dan sementara harus tinggal di tempat tidur. Ketika saya  mempersiapkan mengajukan rumah liburan untuk merawatnya, dia bilang tak perlu mengkhawatirkannya.

 

Dia sudah mengajukan permintaan penarikan ke Bank Waktu. Benar, kurang dari 2 jam, Time Bank mengirim pekerja keperawatan untuk datang merawat tuan rumah. Pada bulan berikutnya, pekerja perawatan merawat tuan rumah tiap hari, mengobrol dan membuat makanan lezat untuknya. Di bawah perawatan penjaga yang teliti, sang induk semang pulih jadi sehat.

 

Setelah pulih, dia kembali Bekerja. Dia mengatakan bermaksud untuk menghemat waktu di Bank Waktu ketika dia masih sehat, dan menunggu sampai dia tidak bisa bergerak. Hari ini, di Swiss, penggunaan Bank Waktu untuk mendukung Lansia jadi praktik umum. Ini tidak hanya menghemat biaya pensiun negara, tetapi juga menyelesaikan masalah2 sosial lainnya.

 

Banyak warga Swiss mendukung jenis pensiun hari tua ini. Survei yang dilakukan organisasi pensiun Swiss menunjukkan lebih dari setengah orang muda Swiss juga ingin berpartisipasi dalam jenis layanan perawatan hari tua ini. Pemerintah Swiss juga berspesialisasi dalam legislasi mendukung pensiun Bank Waktu.

 

Penggunaan Swiss dari Bank Waktu pensiun mungkin menjadi referensi yang baik bagi kita. (Prasetya B Utama; dari grup WA sebelah / VN)-FatchurR

 

*** : Rasanya sangat tepat jika di Negara meniru dalam skala kecil, misal tingkat Kabupaten mengimplementasikannya. Diperlukan Jajaraan Pemkab dan DPRD untuk berani merencanakan dan merealisasikannya dan sangat mungkin misalnya dengan Kemensos (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close