Iptek dan Lingk. Hidup

Rumah Asli Ikan Arapaima bukan Brantas tapi Amazon

(travel.detik.com/international)-Manaus; Ikan Arapaima gigas yang dilepas di Sungai Brantas, bikin heboh orang2. Ikan ini aslinya Amazon. Habitatnya tidak bisa disamakan dengan Sungai Brantas.

Ikan Arapaima gigas dilepas orang di Sungai Brantas, tepatnya di MKP Brantas atau Taman Brantas Indah (TBI), Jalan Raya Mlirip, Jetis, Senin (25/6). Lantas heboh karena ini bukan ikan sembarangan. Meski ikan raksasa ini tak menyerang manusia, Arapaima itu predator. BKSDA menilai ikan ini bisa merusak ekosistem Brantas jika dibiarkan karena memakan ikan dan burung asli di Sungai Brantas.

Ikan asli Sungai Amazon kok dilepas di Sungai Brantas? Mungkin karena ketidaktahuan pemiliknya. Penelusuran detikTravel dari berbagai sumber, (27/6/18) data dari ARKIVE.org menjelaskan Arapaima habitat asli di Amazon, Brasil. Nama lokalnya Pirarucu. Panjangnya sampai 3 mt beratnya bisa 200 kg.

Data dari IUCN Red List menunjukan tak ada data akurat kondisi kelestariannya. Di sana tertulis Data Deficient, jadi tidak diketahui ikan ini terancam punah atau populasinya melimpah. Namun ikan ini diperdagangkan secara internasional selain dikonsumsi suku tradisional di Amazon.

 

Ikan ini habitat di sungai terpanjang di dunia, yang mencapai 6.997 km, walau ada yang bilang Sungai Nil lebih panjang. Hulunya ada di Peru, Kolombia dan Ekuador. Ada 5.600 spesies ikan di Sungai Amazon. Yang terbesar, tidak lain dan tidak bukan ikan Arapaima gigas ini.

Ikan lain yang terkenal di Amazon Piranha, Arwana dan Candiru. Daerah aliran Sungai Amazon luasnya 7,05 juta km2 dan mencakup 40% wilayah Amerika Selatan. Terbayang, betapa luas penyebaran ikan2  di Amazon.

 

Sampai2 butuh 4 taman nasional melestarikan Amazon. Taman nasional itu Allpahuayo-Mishana National Reserve di Peru, Amacayacu National Park di Kolombia, Amazonia National Park dan Anavilhanas National Park di Brasil.

 

Data dari Museum of Zoology, University of Michigan menyebutkan Iklim di Sungai Amazon tropis. Anak Sungai Amazon yaitu Rio Madera dan Rio Machado yang berhutan lebat menjadi daerah habitat utama Arapaima gigas. Di musim kemarau, Arapaima senang berenang di danau dan sungai. Di musim hujan, hutan Amazon yang kebanjiran juga daerah kesukaan Arapaima.

Kini banyak paket wisata menjelajah Sungai Amazon di Brasil, Kolombia, Ekuador dan Peru. Wisatawan bisa pilih sesuai bujet. Mungkin bisa bertemu ikan Arapaima gigas di habitat aslinya; (Fay; Aff;  Fitraya Ramadhany; Bahan dari :    https://travel.detik.com/international-destination/d-4086308/amazon-rumah-asli-ikan-arapaima-gigas-bukan-sungai-brantas)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Back to top button
Close
Close