Opini dan sukses bisnis

Selain Sengon ada Jati hingga Mahoni untuk Bisnis

(finance.detik.com)-Jakarta; Pilihan investasi sektor kini banyak dilirik oleh masyarakat luas setelah viral soal cerita pria asal Banyuwangi, Wahyu Widodo, yang tajir melintir dari bisnis tanaman pohon sengon pohon sengon atau Albizia Chinensis atau disebut juga pohon albasia.

Selain sengon ada jenis2 pohon lain yang bisa dibuat sebagai bisnis. Direktur Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Purwadi Suprihanto menjelaskan, ada beberapa jenis pohon selain sengon yang bisa dijadikan bahan invetasi, seperti Pohon Jati, Pohon Mahoni, Pohon Sonokeiling sampai Pohon Jabon.

“Banyak pohon yang bisa ditanam selain sengon. Seperti Jabon itu hampir sama seperti Sengon, Jati, Mahoni, Sonokeling. Bibitnya juga mudah di beli di perhutani” katanya ke detikFinance (4/7/18).

Untuk jenis bibit Pohon Jabon di perhutani dijual Rp 3000/bibit dengan daurasi masa panen 7- 8 tahun.
“Setelah panen kayu Jabon bisa dijual Rp 1 juta per meter kubik,” kata dia.

Ada pula jenis Pohon Mahoni bibitnya dijual Rp 3.000- 4.000 dengan durasi lama panen 15-20 tahun. Setelah dipanen Pohon Mahoni bisa dijual Rp 7 juta/m3. Pohon Jati di Perhutani dijual Rp 5.000/ bibit dengan durasi masa panen 40 tahun.Setelah panen kayu bisa dijual Rp 10 -15 juta/m3.

Selain itu ada pula Pohon Senokeling yang, bibitnya dijual dengan harga sekitar Rp 5.000 dengan durasi tanam yaitu 20 tahun. Setelah dipanen, Kayu Senokeling bisa dijual sampai Rp 17 juta per meter kubik. (Dna; Dna; Selfie Miftahul Jannah; Bahan dari :  https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4097835/selain-pohon-sengon-ada-jati-hingga-mahoni-yang-bisa-buat-bisnis)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close