RSS Feed     Twitter     Facebook

Tiga pesan Ramadhan yang harus kira rawat

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 20 views    Font size:
Tiga pesan Ramadhan yang harus kira rawat

Ibadah puasa itu proses pendidikan berkelanjutan dan berkesinambungan bagi orang2 yang beriman. Hal ini guna mengantarkan mereka pada puncak nilai2 kemanusiaan yang disebut dengan takwa. Taqwa inilah indikator utama kemuliaan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

 

“Hai manusia, Kami ciptakan kamu dari seorang laki2 dan seorang perempuan dan menjadikan kamu ber-bangsa2 dan ber-suku2 supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS. Al-Hujurat: 13).

 

Ada pesan2 Ramadhan yang bisa kita rawat. Pesan pertama Ramadhan adalah moral atau Tahdzibun Nafsi. Artinya, kita harus selalu mawas diri pada musuh terbesar umat manusia, yakni hawa nafsu sebagai musuh yang tidak pernah berdamai. Rasulullah SAW bersabda: Jihad terbesar adalah jihad melawan diri sendiri.

 

Pesan kedua adalah pesan sosial. Pesan sosial Ramadhan ini terlukiskan dengan indah. Hal ini terlihat saat umat muslim mengeluarkan zakat fitrah kepada Ashnafuts Tsamaniyah (delapan kategori kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat).

 

Semangat zakat fitrah ini melahirkan kesadaran untuk tolong menolong antara orang-orang yang berkecukupan dan orang-orang tidak mampu.

 

Pesan ketiga adalah pesan jihad. Pengertian jihad ini adalah mengorbankan segala yang kita miliki, baik tenaga, harta benda, atapun jiwa kita untuk mencapai keridhaan dari Allah. Dalam konteks masyarakat Indonesia saat ini, jihad yang dibutuhkan adalah mengendalikan diri dan mendorong terciptanya sebuah sistem sosial yang bermartabat, berkeadilan dan sejahtera. Semoga kita semua bisa merawat tiga pesan Ramadhan ini. Aamiin ya Rabbal Alamiin.   ***(opch /Okky Pamenan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code