Kesehatan

Benarkah Telur Ikan Bikin Kanker Kulit

(health.detik.com)-Jakarta; Di beberapa WA beredar kabar ada ikan mengandung polutan berbentuk seperti telur. Disebutkan ‘telur’ itu racun logam berat, termakan menyebabkan tumor kanker dan autisme pada anak. Disertakan juga gambar pria dengan kondisi kulit kering bersisik di tubuhnya.

Benarkah hal itu? Dari penelurusan detikHealth nyatanya ini hoax yang pernah muncul dan kembali beredar. Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian KP dalam situs resminya (2017) menyebut ikan dalam pesan beredar itu jenis ikan sarden yang tidak berasal dari perairan Indonesia.

 

Bulatan ukuran 1-18 mm berbentuk seperti telur atau kristal di perut ikan bukan polutan tapi parasit protozoa Glugea sardinellensis. “Glugea mampu membuat sel2 disekelilingnya serupa bola  membentuk perisai. Ikan tumbuh di kelompok besar, Glugea menyebar lebih banyak. Jadi dipastikan benda mirip telur atau kristal ini bukan diakibatkan logam berat sepeerti diberitakan” tulis Kemen-KP (25/7/18).

Parasit Glugea tak menginfeksi manusia jadi bila ikan dibersihkan dan dimasak dengan benar, tidak ada risiko bahaya. Spesialis kulit Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK ikut berkomentar gambar yang disertakan di pesan itu kemungkinan bukan pasien kanker kulit. Umumnya kanker kulit tak langsung menyebar luas di seluruh tubuh.

“Kalau melihat foto kemungkinan itu alergi. Bisa alergi dari yang dimakan atau reaksi alergi iritasi terhadap bahan yang bersentuhan dengan kulit,” ujar dr Dharma saat dihubungi detikHealth.

“Untuk memastikannya harus jelas riwayat dan diperiksakan ke dokter” pungkas dokter yang praktik di D&I Skin Centre Denpasar ini. (fds; up; Firdaus Anwar; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4133146/beredar-pesan-berantai-telur-ikan-bikin-kanker-kulit-hoax-bukan?_ga=2.236344961.1610881780.1534051171-623937103.1510206277)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close