Iptek dan Lingk. Hidup

Delapan Kota dengan Udara terbersih

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Beberapa hari terakhir, Provinsi DKI jadi sorotan publik. Namun kali ini bukan berasal dari aksi penutupan kali dengan jaring, tapi tentang “prestasi” terbarunya, yakni kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia.

Kamis (26/7), akun Twitter kelompok pecinta lingkungan @GreenpeaceID me-wanti2 warga Jakarta untuk menggunakan masker jenis N95 guna mencegah dampak buruk polutan PM 2,5.

 

Mungkin status sebagai kota besar bisa jadi “tameng” terkait tingkat polusi ini, namun hal itu tidak tepat jika mengacu ke kota2 besar di dunia yang  ber-udara bersih. Mengutip Traveller, berikut 8 kota besar di dunia yang dinilai  ber kualitas udara bersih yang tinggi beserta alasannya:

 

1-Madrid Spanyol
Penduduk di kota ini, khususnya yang menetap di distrik Malasana, lebih memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor sebagai moda transportasinya.

2-Monaco
Menyebut kata Monaco, bisa dipastikan pikiran langsung ke ajang balap mobil Formula 1. Namun siapa sangka jika negara ini justru salah satu yang memiliki udara terbersih di benua Eropa. Menurut WHO, kota ini tingkat polutannya PM 2,5 yang sangat rendah.

 

3-Helsinki, Finlandia
Pemerintah kota ini cukup gila, karena ber-cita2 agar warganya tidak butuh kendaraan pribadi lagi. Dengan kata lain transportasi umum sangatlah diperhatikan. Kini ada lebih dari 3.800 km jalur khusus sepeda.

4-Montevideo, Uruguay
Meskipun berada di daerah tropis, bukan berarti udara bersih tidak bisa diwujudkan. Montevideo mampu mewujudkannya bahkan dengan takdir sebagai kawasan pesisir. Pemerintah kotanya berkomitmen tidak mencemari udara di Montevideo.

5-Edinburgh, Skotlandia
Kota ini dulu tak jauh berbeda dengan kota2 ber-udara tercemar lain di dunia. Namun kota ini bertransformasi jadi kota yang udaranya bersih, dan lebih bersih dari kota2 besar lain di Eropa.

 

6-Ottawa, Kanada
Sekitar (1950-an), masterplan kota Kanada memasukkan 202 km2 sebagai kawasan hijau yang tidak boleh diutak-atik. Secara tak langsung mereka membiarkan alam bekerja untuk menciptakan keseimbangnnya. Hasilnya kaat ini Ottawa jadi salah satu kota terbersih di dunia.

7-Wellington, Selandia Baru
Kota pesisir di Selandia Baru ini salah satu tujuan wisatawan yang ingin bersantai, sembari menikmati udara segar. Meski sudah menyandang predikat kota dengan udara bersih di dunia, pemlot Wellington memiliki ambisi terkait efisiensi energi dan program pengolahan sampah.

8-Stockholm, Swedia
Kota ini pemenang kota terhijau, selain terbersih, di benua Eropa (2010). Meski sudah dapat predikat itu, namaun pemerintah kota Stockholm masih ingin menguragi tingkat emisi karbon 25%. (Agr; Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180726141041-269-317163/8-kota-di-dunia-dengan-udara-bersih)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close