Kesehatan

Efek Samping Konsumsi Jus Lidah Buay

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Lidah buaya (aloe vera), satu bahan yang biasa untuk perawatan kecantikan. Bahan ini dikenal bermanfaat kesehatan sebagai suplemen untuk tubuh. Tapi, tumbuhan ini juga memiliki efek samping yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Dikutip dari Boldsky, lidah buaya memproduksi dua cairan—gel dan lateks—yang digunakan dalam obat-obatan. Gel lidah buaya ditemukan di dalam daun lidah buaya dengan warna bening. Sedangkan lateks lidah buaya berwarna kuning dan di temukan di bawah kulit daun lidah buaya.

Gel lidah buaya terdiri atas 96% air dan mengandung vitamin A, B, C dan E. Sebagian besar orang mengonsumsi gel lidah buaya untuk mengobati diabetes, hepatitis, menurunkan berat badan, penyakit radang usus, asma, demam, gatal dan lain sebagainya. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa dipakai dengan cara dioleskan pada kulit dan rambut.

Gel ini juga dipakai untuk membuat jus yang sudah biasa dipakai dalam pengobatan. Tapi, kebanyakan mengonsumsi jus lidah buaya bisa membahayakan tubuh dan menyebabkan banyak efek samping.

Efek samping ini bisa muncul karena alergi terhadap lateks lidah buaya. Lateks lidah buaya ini jika dikonsumsi langsung bisa berbahaya meskipun hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

1-Menyebabkan alergi kulit
Pemakaian gel lidah buaya lama berisiko alergi kulit seperti peradangan, gatal2 dan kemerahan pada kelopak mata. Efek lain pada kulit termasuk pengeringan, pengerangan, perkembangan bintik ungu dan pecah2. Selain itu, mengoleskan gel dan keluar di bawah sinar matahari bisa menyebabkan ruam kulit dan iritasi atau kemerahan dan terbakar.

2-Menurunkan gula darah
Lidah buaya dikenal menurunkan level gula darah. Tapi, diabetesi atau penderita DM harus hati2 saat mengonsumsi lidah buaya. Jika Anda hendak operasi, maka ada baiknya tidak mengonsumsi lidah buaya setidaknya 2 pekan sebelum operasi karena lidah buaya bisa mempengaruhi level gula darah dan mengintervensi kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

3-Komplikasi dalam kehamilan dan menyusui
Baik gel atau lateks lidah buaya mungkin tidak aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Alasannya, lidah buaya merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan komplikasi seperti keguguran dan meningkatkan risiko bayi cacat lahir. Bayi bisa terpengaruh kondisinya jika ibu yang menyusuinya mengonsumsi jus lidah buaya.

4-Keracunan hati
Dosis tinggi lidah buaya bisa menyebabkan peradangan hati. Keberadaan banyak senyawa bioaktif seperti C-glycoside, anthraquinone, anthrone, lectin, polymannan dan mannan terasitilasi di dalam lidah buaya bisa mengintervensi proses detoksifikasi liver dan ini bisa menyebabkan kerusakan hati.

5-Gagal ginjal
Lidah buaya bisa berinteraksi dengan obat tetentu—Digoxin, obat antidiabetes, Sevoflurane, obat gangguan kencing—dan bisa menyebabkan penyakit ginjal dalam jangka panjang. Lateks lidah buaya juga diasosiasikan gagal ginjal. Jadi, yang menderita masalah ginjal harus hindari konsumsi lidah buaya.

6-Ketidakimbangan elektrolit
Mengonsumsi jus lidah buaya berjumlah banyak bisa menyebabkan gerakan longgar, diare dan kram perut yang menyebabkan dehidrasi dan ketidakimbangan elektrolit.

7-Rasa tak nyaman di perut
Salah satu efek samping minum jus lidah buaya itu rasa tidak nyaman di perut. Lateks lidah biaya bisa menyebabkan kram perut, kembung dan sakit perut. Hindari minum jus lidah buaya, terutama jika sedang mengalami masalah perut.

8-Kondisi usus seperti Crohn’s Disease dan kolitis ulseratif
Kalau mengalami kondisi usus seperti ini, hindari mengonsumsi jus lidah biaya karena lateks lidah buaya menyebabkan iritasi usus.

9-Ambeien
Jika menderita ambeien, jangan minum jus lidah buaya. Jus ini bisa memperburuk kondisi.

(alv; Alfiana Harmayani Masrifah; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1325491/155/9-efek-samping-konsumsi-jus-lidah-buaya-bagi-kesehatan-1532670426)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close