Selingan

Gara2 anak pegang Gas-Motor ini seruduk Minimarket

(oto.detik.com)-Jakarta; Otolovers sebaiknya lebih hati2 lagi saat berkendara bersama buah hati. Jangan sampai malah menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan sehingga menimbulkan kerugian.

Seorang pengendara motor membonceng anak kecil menggunakan skuter matik (skutik). Anak kecil itu dibonceng di bagian depan skutik, berdiri di deck motor. Di depan minimarket, pemotor itu mencoba menurunkan anak kecil dari motor. Tapi, motor dalam keadaan menyala dan anak diturunkan melalui sebelah kanan motor.

 

Anak itu turun dari motor sambil berpegangan ke setang yang terdapat grip gas. Alhasil, gas ditarik tidak sengaja, motor melaju tak keruan hingga menyeruduk masuk ke minimarket. Pintu kaca minimarket itu pecah diseruduk motor.

Belajar dari kasus ini, Andry Berlianto, Instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs sekaligus aktifis di Safekids Indonesia memberikan beberapa poin penting. Dia menyebut, sebaiknya pemotor tidak membonceng anak kecil.

“Selama kaki anak belum bisa menapak pada footstep belakang, amannya tidak menyertakannya dalam berkendara. Jika memaksa, sertakan pendamping (orang tua, kakakt dll),” kata Andry kepada detikOto, Senin (19/3/18). Dia melanjutkan, tidak aman menempatkan anak di posisi depan pemotor.

Saat hendak parkir pastikan situasi sekeliling aman dan terjaga. Matikan mesin ketika parkir. “Jangan sampai ada mesin menyala hingga transmisi yang masuk (jangan sampai motor manual dalam keadaan masuk gigi) saat parkir dan hendak menurunkan penumpang, pastikan standar samping diturunkan. Beberapa varian matik sudah engine off saat standar samping turun” jelas Andry.

Dia juga menyarankan, selalu turun dari motor ke arah kiri, bukan dari kanan. Pemotor yang terpaksa membawa anak, selalu awasi pergerakan anak dan monitor secara ketat. (rgr; lth; Rangga Rahadiansyah;  Bahan dari :  https://oto.detik.com/catatan-pengendara-motor/d-3925225/ngeri-gara-gara-anak-pegangan-ke-gas-motor-ini-seruduk-minimarket?_ga=2.63314031.1514474033.1533741971-843620188.1532128188)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close