RSS Feed     Twitter     Facebook

Jangan rusak senyum dengan hal itu

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Jangan rusak senyum dengan hal itu

(1health.id)- Senyum, salah satu aset terbaik. Berbagai kesempatan bisa datang dari senyum. Untuk itu penting menjaga senyum agar tetap sehat dan menawan. Tapi senyum menawan dapat hilang jika terdapat masalah2 pada daerah mulut, salah satunya kerusakan gigi dan gusi.

 

Ada banyak hal yang tanpa disadari dapat merusak kesehatan gigi dan gusi, dan berimbas pada senyum manis Anda. Hanya rutin menyikat gigi, tidak akan cukup menjaga kesehatan gigi. Berikut faktor2 yang dapat mendatangkan malapetaka pada gigi dan gusi Anda, dan merusak senyum Anda.

 

Minuman Isotonik
Mengonsumsi minuman isotonik setelah ber-OR jadi semakin populer, tapi tahukah Anda minuman OR tidak terlalu baik bagi kesehatan gigi. Penelitian menemukan kadar pH dalam banyak minuman OR, dapat menyebabkan erosi gigi karena tingginya komponen asam yang bisa mengikis lapisan enamel.

 

Selain itu, minuman isotonik biasanya juga tinggi kandungan gula, sehingga memproduksi asam bakteri. Asam bakteri ini dapat menyelinap ke dalam celah gigi, dan membuat retakan pada gigi. Jika dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang.

 

Air botol kemasan
Air botol kemasan baik untuk tubuh, karena tidak mengandung banyak gula atau bahan kimia, namun sebagian besar air minum kemasan mengandung sedikit fluoride dibanding air keran, atau air tanah yang dimasak. Fluoride penting karena membuat struktur gigi lebih tahan pada pembusukan. Fluoride membantu mempromosikan realisasi, yang membantu memperbaiki kerusakan dini pada gigi.

 

Diabetes
Dabetes bisa jadi satu hal yang dapat merusak senyum Anda,  karena diabetes mengurangi daya tahan tubuh terhadap infeksi, sehingga membuat Anda rentan terkena risiko penyakit gusi. Diabetes langsung berhubungan dengan penyakit periodontal, sehingga memeriksa kesehatan gigi, kadar trigliserida dan kadar kolestrol rutin menjadi penting.

 

Penelitian juga menunjukkan bahwa penderita diabetes mengalami pengurangan jumlah insulin yang sebenarnya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gusi.

Tembakau

Selain dapat merusak kesehatan paru2, kebiasaan merokok membuat gigi Anda menguning dan rusak. Hal ini disebabkan akibat kandungan tembakau yang terdapat dalam rokok. Menggunakan bentuk apapun dari tembakau dapat membahayakan gigi dan gusi dengan berbagai cara.

 

Kandungan tar di tembakau juga membuat lapisan lengket pada gigi, yang dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk memproduksi asam dan menciptakan racun, yang menyebabkan peradangan pada gusi, kerusakan gigi, dan gigi tanggal.

Anggur Fermentasi

Bagi Anda peminum anggur, sebaiknya mulai memikirkan masalah ini, karena mengonsumsi anggur  teratur dapat membahayakan enamel gigi. Keasaman anggur dapat melarutkan struktur gigi, dan anggur juga membuat gigi berubah warna. Erosi enamel gigi berkembang saat peminum anggur menyeruput anggur saat meminumnya.

 

Untuk itu jika Anda terpaksa minum anggur, lebih baik minumlah dengan cara diteguk, dan segera bilas dengan air al setelah meminumnya. (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/jangan-rusak-senyum-dengan-hal-hal-ini-1.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code