Iptek dan Lingk. Hidup

Kini bisa mincing di Sungai Citarum

(kompasiana.com)- “Sekarang sudah bisa mancing di sini”

Begitu cerita seorang warga, ketika saya tanya, mengaku bernama Muchtar. Saya temui Muchtar di salah satu wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Jembatan Biru, Bojongsoang, Kab-Bandung.

 

Saya berada di Bandung untuk melihat hasil upaya pemulihan DAS Citarum yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum dengan Kemenko Maritim. Selain ke Pabrik dan bertemu dengan beberapa komandan sektor (di tulisan saya sebelumnya), saya juga berkunjung ke Jembatan Biru di kawasan Bojongsoang ini.

 

Jembatannya berwarna biru. Makanya disebut kawasan Jembatan Biru. Di sini, Dan Sektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Yudi Zanibar Bercerita dulu kawasan ini penuh sampah. Bahkan orang bisa berjalan di atas sungai karena penuh sampah.

 

Mulai awal tahun 2017, pembersihan dilakukan, melibatkan TNI dan warga setempat. Perlahan kawasan ini mulai berkurang sampahnya. Bahkan karena sampah berkurang, banyak warga yang mulai memancing di sungai Citarum ini. Saya panasaran. Kemudian saya mencari warga yang memancing.

 

Saya menyusuri sungai dan bertemu dengan 4 warga yang sedang berada di pinggir sungai dan memancing. Seperti di awal tulisan ini, warga mengakui sampah sudah berkurang. “Awalnya banyak sampah. Apalagi kalau musim hujan. Banyak sampah dari kota (Bandung) belum lagi limbah dari pabrik karena daerah sini banyak pabrik” tutur Muchtar yang diiyakan warga yang lain.

 

Selain banyak sampah, air sungai Citarum ini berwarna hitam pekat. Jadi ikan mana yang bisa hidup ? Tapi, lambat laun, himbauan dan kerja keras aparat TNI bersama warga, sampah berkurang. “Warga akhirnya mendapat tambahan ekonomi. Kalau banyak yang mancing di sini, terutama akhir pekan, ada yang berjualan kopi dan makanan ringan,” cerita Kolonel Yudi.

 

Kesehatan warga akan lebih baik. Sampah kan bawa penyakit. Dengan sungai lebih bersih, setidaknya warga yang tinggal di sekitar sungai lebih sehat. (Thomas Jan Bernadus;  Bahan dari :   https://www.kompasiana.com/tommybernadus/5b633b93677ffb2f3b162582/sekarang-sudah-bisa-mancing-di-citarum-sini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close