Kesehatan

Lupa Mimpi apa-Awas mungkin salah satu tanda Penyakit

(lifestyle.okezone.com)-COBA ceritakan semalam Anda mimpi apa? Apakah bisa mengingatnya lalu menceritakan ulang pada pasangan atau sahabat Anda? Jika tidak bisa melakukannya, mungkin kondisi ini sedang terjadi pada tubuh Anda.

 

Lupa mimpi itu wajar dialami. Sekali pun mimpi Anda alami itu indah dan pengin selalu Anda kenang. Tapi, ada saja alasan akhirnya Anda tidak bisa mengingatnya. Ini bisa dikaitkan tanda awal Anda mengalami masalah kesehatan.

 

Menurut referensi2, dijelaskan ada implikasi2 kesehatan yang terkait dengan jarang atau tampaknya Anda tak ingat mimpi bahkan sesaat setelah Anda bangun. Dilansir Okezone dari Romper, (16/8/18), berikut 5 masalah yang mungkin Anda alami dan ditandai dengan sulitnya mengingat mimpi semalam.

 

1-Efek obat sebelum tidur

Ada obat2 yang membuat kualitas tidur Anda berkurang meski sudah diresepkan dikonsumsi sebelum tidur. Kerja obat itu akhirnya memengaruhi tidur Anda dan mengakibatkan Anda tidak bisa mengingat mimpi. Obat yang biasanya memiliki efek ini antidepresan.

 

2-Berisiko tinggi PTSD

Sebuah studi (2017) diterbitkan di Journal of Neuroscience menemukan jika Anda tidak mendapat kualitas tidur cukup sebelum stres atau traumatis terjadi, Anda berpotensi berisiko lebih tinggi mengembangkan PTSD sesudahnya.

 

Lebih banyak penelitian mungkin diperlukan mengenai hal ini, tapi ini bisa berarti jika Anda cukup tidur teratur, bagian otak yang berbeda bekerja sama untuk membantu membuat Anda lebih tangguh ketika berhadapan dengan trauma. PTSD adalah gangguan stres pada tubuh Anda.

 

3-Anda berurusan dengan Sleep Apnea

Jika Anda mengalami sleep apnea, Anda mungkin mengalami kesulitan mengingat mimpi Anda setelah Anda bangun di pagi hari. Artikel yang disebutkan di atas dari VeryWell Mind mencatat sleep apnea menyebabkan gangguan tidur, membuatnya sulit mengingat mimpi. Sleep apnea jadi kondisi serius, jadi pastikan Anda dapat pemahaman lebih dari dokter Anda supaya bisa mencegah sedini mungkin.

 

4-Anda memiliki masalah memori

Jika Anda tak cukup tidur dan bangun tanpa mengingat mimpi, itu berpotensi memengaruhi ingatan Anda. Studi (2015) yang diterbitkan di Nature Neuroscience menemukan tidak mendapatkan tidur cukup meningkatkan risiko kehilangan memori seperti terkait penyakit Alzheimer. Tidur cukup tiap malam t penting untuk kesehatan jangka panjang Anda.

 

5-Sistem kekebalan tubuh Anda melemah

Tidak bisa mengingat mimpi semalam juga bisa menjadi tanda jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang lemah. Ini juga yang harusnya diperhatikan untuk Anda semakin banyak mengonsumsi vitamin dan makanan sehat setelah bangun tidur.

 

Rubin Naiman, peneliti dari Pusat Kedokteran Integratif Universitas Arizona, berpendapat, hasil  penelitian yang diterbitkan di Annuals of New York Academy of Sciences, meski Anda tidak menyadari perbedaan besar dalam kesehatan setelah Anda kehilangan kualitas tidur, tidak cukup tidur berkualitas dapat menyulitkan tubuh Anda melawan penyakit, seperti yang dicatat Healthline.

 

Ini berarti Anda lebih mudah sakit. Banyak tidur tidak hanya penting untuk bermimpi, banyak ilmuwan percaya bahwa itu juga sangat penting untuk kesehatan Anda.  (ren; Muhammad Sukardi; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/08/16/481/1937309/lupa-semalam-mimpi-apa-awas-masalah-ini-bisa-saja-terjadi-salah-satunya-tanda-anda-mau-sakit)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close