RSS Feed     Twitter     Facebook

Mencegah Penyakit MERS Saat ber-Haji

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 9 views    Font size:
Mencegah Penyakit MERS Saat ber-Haji

(1health.id)- MERS (Middle East Respiratory Syndrome) itu satu penyakit yang patut diwaspadai saat berhaji. Penyakit pernapasan ini mudah menular sehingga jemaah haji dari Indonesia berisiko untuk mengalami MERS.

 

Agar dapat menjalankan ibadah haji dengan maksimal, para jemaah haji diimbau memiliki kesadaran untuk mencegah penyakit ini. Beberapa cara yang dapat jemaah haji lakukan untuk mencegah penularan penyakit MERS adalah:

1-Rajin mencuci tangan
Cuci tangan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, terutama saat sebelum makan, setelah bepergian dari luar ruangan, sebelum dan sesudah ke toilet. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Cara ini terbukti sangat efektif untuk mencegah penularan virus.

 

2-Jauhi unta
Unta merupakan binatang khas ada di Timur Tengah. Jemaah haji pun banyak yang memanfaatkan kesempatan berhaji untuk berinteraksi dengan unta. Padahal liur unta menjadi salah satu media penularan virus MERS.

“Jemaah haji sebaiknya menjauhi unta, tidak perlu naik unta atau berfoto dengan unta saat naik haji, karena air liurnya bisa menetes dan mengenai kita. Dari situlah penularan virus MERS bisa terjadi,” imbau Nila Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

 

  1. Menggunakan pelindung
    Para jemaah haji juga diumbau untuk menggunakan pelindung saat beribadah. Alat pelindung yang bisa digunakan di antaranya adalah payung, masker, dan sendal. Penggunaan masker sangatlah penting untuk membantu menghindari penularan penyakit pernapasan yang relatif cepat melalui udara.

 

Pihak pemerintah saat ini memberikan anjuran untuk menggunakan masker setiap saat selama ibadah haji, melalui Gerakan Memakai Masker (GEMMAS).

 

4-Terapkan gaya hidup sehat
Menjaga pola makan menjadi suatu yang penting dalam mencegah penyakit menular. Buah dan sayur harus selalu ada dalam pola makan sehari-hari, agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengonsumsi cukup air agar tidak dehidrasi, apalagi suhu udara di Arab Saudi bisa mencapai 53 derajat celsius. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda setiap hari.

 

5-Waspadai gejalanya
Anda sebaiknya mewaspadai setiap gejala MERS yang muncul, seperti demam, batuk, sakit kepala, napas pendek, nyeri otot, dan gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan muntah.

 

Meski sepele, Anda sebaiknya segera periksakan keluhan yang Anda rasakan pada petugas kesehatan yang bertugas. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-cara-mencegah-penyakit-mers-saat-pergi-haji.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code