Kesehatan

Penjelasan sering Berkeringat saat Tidur

(lifestyle.okezone.com)-PERNAH kah Anda tiba2 terbangun di malam hari dan tubuh basah oleh keringat? Anda mungkin juga pernah cari tahu apa penyebab tubuh berkeringat di malam hari dan dampaknya pada kesehatan.

 

Melansir dari Men’s Health, (13/718), tubuh Anda menggunakan keringat untuk mengurangi suhu inti ketika melampaui apa yang dinamakan batas zona thermoneutral. Banyak hal dapat menyebabkan suhu tubuh Anda melonjak, seperti selimut tebal hingga proses peradangan atau inflamasi ketika Anda mengalami penyakit atau infeksi.

 

Beberapa kondisi memengaruhi sistem saraf kelenjar keringat Anda, atau faktor lain yang memengaruhi kemampuan tubuh Anda mengatur suhunya. Menurut studi, ada juga kemungkinan bahwa orang yang berolahraga dapat dikondisikan untuk berkeringat pada suhu yang lebih rendah dari yang diperkirakan.

 

Dokter James Mold dan kolega di Journal of the American Board of Family mengungkapkan, beberapa faktor menyebabkan kemungkinan tubuh Anda berkeringat, termasuk serangan panik, masalah tidur, demam, mati rasa di tangan dan kaki, kecemasan dan stres, serta kesulitan bernapas di malam hari.

 

Keringat itu bisa disebabkan efek samping dari pengobatan, termasuk Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRIs), yang biasa diresepkan untuk mengatasi depresi. Mold menuturkan, ada kemungkinan SSRIs menjadi penyebab meski tidak pernah terbukti dengan jelas.

 

Dalam beberapa kasus, keringat pada malam hari bisa mengindikasikan masalah serius. Studi itu menerangkan, kondisi semacam itu bisa juga merupakan gejala penyakit autoimun, masalah pada jantung, atau sleep apnea, yakni terhentinya napas selama tidur.

 

Kasus2 yang dijabarkan di atas jarang. Namun, Mold menyarankan agar Anda menghubungi dokter bila hampir setiap hari terbangun dalam keadaan berkeringat. Ia juga menyarankan agar Anda menjaga suhu tubuh setidaknya dua kali sehari selama seminggu untuk mendeteksi adanya gejala demam.

 

Biila tubuh Anda normal, mungkin ada pengaruhnya pada kebiasaan. Anda bisa mengurangi ketebalan selimut atau pakaian tidur serta menghindari konsumsi makanan pedas sebelum memejamkan mata. (dno; Wikanto Arungbudoyo; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/13/481/1921823/sering-berkeringat-saat-tidur-ini-lho-penjelasan-dokter)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close