Wisata dan Kuliner

Penyelaman Massal di Manado(1/2)

(liputan6.com; Jakarta); Manado, Sulawesi Utara, kembali jadi lokasi pemecahan rekor penyelaman massal. Setelah Sail Bunaken 2009, kali ini rekor dicatatkan penyelam wanita yang tergabung dalam Wanita Selam Indonesia (Wasi) pada 11/8/18

.

Selain penyelaman massal, Wasi juga ingin memecahkan rekor dengan membentangkan bendera terbanjang di bawah laut Indonesia.

 

Sejumlah tempat di Indonesia disurvei untuk menentukan lokasi kegiatan. Setelah diteliti dan dikalkulasi, ternyata laut Manado yang menjadi pilihan panitia, karena keindahan alam bawah laut dan lokasi terbilang aman bagi penyelam.

 

Yang tak kalah penting, panitia berupaya meminimalisir kerusakan terumbu karang. Ketua Umum Wasi, Tri Suswati Tito Karnavian, istri Kapolri Jenderal Tito, mengatakan, penyelaman digelar di teluk Manado belakang Kawasan Megamas.

 

“Selain baik untuk penyelaman membentangkan bendera merah putih, terumbu karang di lokasi sedikit,” kata Tri Tito Karnavian, ketua panitia dalam acara jumpa pers yang berlangsung di Manado.   “Tidak mengganggu perkembangan terumbu karang, sehingga aman dan nyaman bagi wanita untuk menyelam dan telah di survei ke bawah laut.”

 

Menurut Tri, panitia sempat mempertimbangkan kawasan Boboca dan Pantai Malalayang. Namun karena banyak terumbu karang, lokasi dipindah ke Pantai Manado Megamas. ”Agar ekosistem dan kelestarian terumbu karang tetap terjaga” ujar dia.

 

Rencana awal penyelaman melibatkan 908 penyelam wanita. Mereka asal dari Sabang – Merauke. Singapura mengirim penyelam wanitanya. Kegiatan ini didukung Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulut. Ini baik bagi promosi wisata dan untuk memperingati HUT RI ke-73, serta gerakan menggalakkan OR menyelam, khususnya bagi wanita dan masyarakat umum.

 

Rekor penyelaman Massal

Penyelaman massal sebelumnya juga pernah berlangsung di Manado saat Sail Bunaken 2009. Saat itu Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia dengan jumlah penyelam terbanyak, yakni 2.818 peserta. Bedanya, saat itu peserta diikuti pria dan wanita.

 

Untuk memperingati HUT RI ke-73, penyelam juga mengikuti upacara bendera di bawah laut. Rekor penyelaman terbanyak ini memantabkan rekor sebelumnya yang dipegang Maladewa (2006) dengan peserta 979 orang. (Yoseph Ikanubun; Bahan dari; https://www.liputan6.com/bola/read/3606687/penyelaman-massal-di-manado-perhatikan-keberadaan-terumbu-karang)-FatchurR * Bersambung…..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close