Kesehatan

Tips agar Rambut tak Ubanan di Usia Muda

(lifestyle.okezone.com)-Rambut itu mahkota tiap orang. Masalah rambut bisa merusak penampilan, salah satunya uban. Meski terjadi pada Lansia, tapi tak jarang orang dewasa muda  dan remaja mengalaminya. Uban bukan tanda penuaan pada lansia. Berikut cara mencegah uban di usia muda.

 

Kenapa Rambut berubah jadi Putih

Kulit dan rambut memiliki zat warna. Zat ini disebut melanin. Ada 2 jenis melanin, yaitu eumelanin warna coklat gelap atau hitam dan pheomelanin berwarna kuning kemerahan. Keduanya dibuat oleh sel melanosit di akar rambut dan di bagian bawah lapisan kulit paling luar (epidermis).

 

Walau warna rambut itu ber-beda2, utamanya dipengaruhi oleh ras, iklim, lingkungan tempat tinggal, dan saat usia bertambah tua warna rambut berubah jadi putih. Rambut memutih dikenal dengan uban. Tahap awal, ujung rambut akan berubah keabuan dan memutih keseluruhan. Ini disebabkan karena melanosit berada di akar rambut jadi tidak aktif, menurun jumlahnya, dan lama2 akan hilang.

 

Mencegah Uban di Usia MUda

Memutihnya rambut salah satu tanda penuaan karena muncul di usia 30 tahun ke atas. Beberapa orang ada yang beruban di usia muda, yaitu usia 20an tahun. Kondisi ini disebut ubanan dini. Tak perlu cemas, Anda bisa cegah uban di usia muda ini dengan kiat2 yang mudah dilakukan :

 

1-Penuhi Nutrisi untuk Rambut

Kekurangan nutrisi yang penting bagi rambut bisa jadi penyebab uban muncul lebih cepat. Maka itu, Ahli2 sepakat untuk mencegah uban di usia muda, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vit-B12, vit-B9, tembaga, dan zink.

 

Semua mineral dan vitamin itu bisa dengan mudah Anda dapatkan dari telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging sapi, kacang mete, kacang hazelnut, dan almond.

 

1-Kelola Stres

Stres bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda, termasuk kehilangan rambut dan mempercepat proses berubahnya warna rambut jadi keabuan. Faktanya stres jangka panjang, yaitu 2-3 tahun bisa membuat rambut lebih cepat beruban.

 

Jadi, mengurangi stres jadi salah satu cara mencegah uban di usia muda. Anda bisa lakukan liburan, meluangkan waktu melakukan hal-hal yang disukai, ber-OR, dan berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi masalah yang menjadi pemicu stres.

 

3-Berhenti merokok

Merokok menyebabkan penuaan dini, termasuk rambut. Merokok jangka panjang menyebabkan pigmen rambut menghilang. Jadi, sebaiknya jauhi asap rokok dan menghilangkan kebiasaan merokok.

 

4-Rutin Mengecek Kesehatan

Kondisi ini disebabkan faktor genetik, kekurangan nutrisi yang penting bagi rambut, dan kebiasaan merokok. Namun, penyakit2 seperti vitiligo, gangguan autoimun penyebab sel2 melanosit yang memberi warna2 rambut menghilang dan hipertiroidisme (gangguan tiroid) yang bisa mengubah folikel rambut manusia sehingga rambut menjadi kusam, kering, dan rentan berubah menjadi putih.

 

Bila mengalami salah satu penyakit ini, Anda harus berobat dan pemeriksaan kesehatan rutin. Mengecek kesehatan rutin bisa mendeteksi penyakit lebih cepat sehingga pengobatan yang akan dilakukan juga lebih mudah. (hel; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/08/10/481/1934724/4-tips-biar-rambut-tak-cepat-ubanan-di-usia-muda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close