RSS Feed     Twitter     Facebook

Tukang Sol Sepatu di Jembatan Lulus Seleksi jadi Bintara Polisi

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 18 views    Font size:
Tukang Sol Sepatu di Jembatan Lulus Seleksi jadi Bintara Polisi

(news.detik.com)-Jakarta; Perjuangan Kompas Priyogo (20) menjadi Polisi akhirnya terwujud setelah 3x  gagal. Tukang sol sepatu keliling itu dinyatakan lulus jadi anggota Polri. Pria yang akrab disapa Kompas itu dilahirkan dari keluarga tak mampu.

 

Tapi semangat mengubah nasib keluarga dan menggapai cita2 tidak diragukan. Lulus SMA-2014, Kompas mengadu nasib dengan mengikuti seleksi Bintara Polri. Saat itu nasibnya kurang beruntung, dia tak lulus seleksi 3x ber-turut2 hingga 2017. “Saya sempat kecewa” terang Kompas di SPN Betung (7/8/18).

“Pria kelahiran 1997 berlatih terus tiap pagi dan sore hari, tapi tetap ikut sol sepatu bersama orang tua saya di bawah (Jembatan) Ampera, Palembang. Kalau ada yang (memperbaiki) sol sepatu juga saya kerjakan. Siang-malam saya berdoa biar lulus polisi dan dikabulkan meski tak memiliki uang” katanya.

Meski optimistis, Kompas sempat tak percaya dinyatakan lolos seleksi. Kini dia berjanji mengabdikan dirinya dan berlatih selama mengikuti pendidikan di SPN Betung untuk 7 bulan ke depan. Terpisah, Karo SDM Polda Sumsel Kombes Kristyono mengatakan Kompas mengikuti seleksi Bintara Polisi dari Rayon Polresta Palembang. Kompas dianggap tangguh setelah dia mengalahkan ribuan peserta.

“Dia  ikut seleksi Bintara Polri Rayon Polresta. Nilainya bagus. Apalagi Palembang ini persaingan peserta cukup ketat dan banyak yang unggul, tapi dia mampu melewati masa seleksinya” kata Kristyono. Dengan lulusnya Kompas, ini salah satu bentuk transparansi di tubuh Polri dalam penerimaan. Panitia seleksi tak membedakan apa pekerjaan orang tua peserta.

“Prinsip selama proses seleksi, Polri tidak memandang dia anak tukang sol sepatu, tukang sayur, dan anak polisi atau TNI. Intinya, kalau dia mampu, pasti lulus,” tegasnya. “Bukan hanya Kompas yang lulus tahun ini dengan ekonomi rendah, serta orang tua kurang mampu. Banyak Kompas lain yang juga lulus. Inilah bukti yang terbaik pasti lulus,” katanya.

Kompas dinyatakan lulus seleksi Bintara Polri pada pengumuman 2/8/18. Dia lulus bersama 281 peserta lain dan akan menjalani masa pendidikan hingga Februari-2019. (Rvk; Rvk;  Raja Adil Siregar; Bahan dari : https://news.detik.com/berita/4154858/tukang-sol-sepatu-di-jembatan-ampera-lolos-seleksi-bintara-polri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code