Kesehatan

Berpelukan itu ada manfaatnya

(health.detik.com)-JAKARTA; Momen menarik terekam di arena pencak silat Asian Games-2018. Usai pesilat Hanifan Yudani mempersembahkan emas untuk Indonesia, 2 kontestan pilpres 2019 Prabowo Subianto dan Joko Widodo tampak bersama memeluk sang juara.

Momen ini seakan jadi penyejuk saat pendukung kedua kubu saling serang di medsos. Hal lain yang juga penting untuk dicatat ternyata berpelukan itu bermanfaat positif bagi kesehatan.

 

Studi yang diterbitkan Carnegie Mellon University menyebut berpelukan kemungkinan besar bisa meredakan pilek. Selain itu, ilmuwan dalam penelitian ini mencatat pelukan bisa menurunkan risiko stres hingga 32%.

“Memeluk orang2 yang ada di bawah tekanan akan mengurangi risiko pilek yang biasanya terkait dengan stres” ujar Sheldon Cohen, psikolog yang terlibat dalam penelitian itu.

Menurut Cohen, berpelukan bisa merangsang reseptor tekanan di bawah kulit, sehingga tubuh merasa rileks. Pelukan juga meningkatkan produksi oksitosin yaitu hormon pemicu rasa nyaman. (up; up; Noviani Widyaningrum; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4188355/penting-berpelukan-juga-ada-manfaatnya-bagi-kesehatan-lho)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close