Kesehatan

Mengenal penyakit Al Gazali diduga Steven Johnson

(health.detik.com)-JAKARTA; Putra sulung AD, Al Ghazali, dikabarkan pingsan saat berkendara di Condet, Jakarta Selatan. AD khawatir sang anak mengidap Stevens Johnson Syndrome (SJS). Dikutip dari Mayo Clinic, SJS itu gangguan langka menyerang kulit dan membran mukosa, ditandai kulit mengelupas.

 

Gangguan ini merupakan reaksi terhadap obat atau infeksi. Biasanya dimulai gejala mirip flu, diikuti ruam merah atau keunguan, melepuh dan menyebar. Lapisan paling atas dari kulit yang terdampak akan mati, mengelupas, lalu sembuh sendiri.

SJS disebut kedaruratan medis yang butuh perawatan di RS. Fokus penangannya adalah menghilangkan penyebab, mengontrol gejala, dan mengurangi komplikasi saat terjadi pergantian kulit.

Beberapa jenis obat yang bisa memicu SJS : Anti-asam urat, seperti allopurinol. Obat2an antikejang dan antipsikosis juga bisa2 meningkatkan risiko, juga pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen.

AD, kepada wartawan menyebut Al mengalami alergi obat. Al dalam kondisi tidak sehat saat memaksakan diri membawa mobil, lalu pingsan dalam perjalanan.

“Dia pergi dalam kondisi tak sehat, sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al, fokuslah sama penyakit itu karena kalau tidak di perhatikan bisa menjurus ke SJS” kata AD, dikutip dari detikHot. (up/fds; AN Uyung Pramudiarja; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4220417/al-ghazali-diduga-mengidap-stevens-johnson-syndrome-penyakit-apa-itu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close