Aku cinta Indonesia

Mengenal Status Bencana Nasional

(nasional.kompas.com)-JAKARTA, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banyak pihak salah kaprah terhadap status bencana nasional.

 

Ada yang berpendapat ingin agar menyematkan status bencana nasional terhadap gempa bumi yang mengguncang Lombok, NTB. “Banyak yang tak paham mengenai manajemen bencana secara utuh, termasuk penetapan status dan tingkatan bencana” ujar Sutopo dalam keterangan persnya (20/8/18).

 

“Banyak yang beranggapan dengan status bencana nasional ada kemudahan akses sumber daya nasional. Tanpa ada status itu saat ini, sudah mengerahkan sumber daya nasional”. Ada yang membedakan pemasangan status bencana nasional yaitu terkait bantuan internasional. Namun masuknya bantuan itu tidak selalu berbuah baik.

 

“Dengan status bencana nasional maka terbuka pintu se-luas2nya bantuan internasional oleh negara2 lain dan masyarakat internasional membantu penanganan kemanusiaan” jelas dia. “Seringkali timbul permasalahan baru terkait bantuan internasional ini karena menyangkut politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan” ujarnya.

 

Pemerintah memiliki pertimbangan menetapkan status bencana nasional, dari jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan prasarana dan sarana, luas wilayah terdampak, serta dampak sosial ekonominya. Hal mendasar yaitu ada atau tidaknya jajaran pemda. Jika ada, pemda yang memegang kendali dalam penanganan bencana. Pemerintah pusat akan membantu sepenuhnya.

 

Hal itulah yang terjadi pada proses penanganan gempa Lombok. Bantuan yang berskala nasional itu sebagian besarnya berasal dari pemerintah pusat. Tapi, kendali penanganan tetap dipegang pemda. Sampai kini sumber daya nasional mencukupi untuk penanganan gempa. “Yang penting penanganan dilakukan cepat kepada masyarakat terdampak,” tuturnya.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “BNPB: Masih Banyak yang Salah Kaprah Terkait Status Bencana Nasional”, Penulis : Devina Halim; Editor : Diamanty Meiliana; Bahan dari : https://nasional.kompas.com/read/2018/08/20/22300901/bnpb-masih-banyak-yang-salah-kaprah-terkait-status-bencana-nasional)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close