Wisata dan Kuliner

Santap Kuliner di tengah aliran Sungai Jernih

(jatim.sindonews.com)-JOMBANG; Gemercik air, mengiringi langkah2 mungil bertelanjang kaki turun di tengah hutan sejuk khas pegunungan. Berpayung, rimbun hijau daun. Di antara embun yang berjatuhan dari ujung daun, berpadu dengan harum aroma kuliner nusantara.

 

Di tengah hutan indah itu, mengalir Sungai Sumber Biru, yang kini dikembangkan jadi pusat wisata kuliner di Jombang. Wisata kuliner dipadu indahnya alam bebas ini, hadir di Dusun Ngembak, Desa Wonomerto, Kec-Wonosalam. Taman Sungai Sumber Biru, itu tempat wisata kuliner yang banyak digemari wisatawan2.

Berada di lereng pegunungan, berpemandangan indah, dan udara sejuknya. Membuat, tempat ini yang baru berumur 3 bulan ini, banyak menyedot perhatian wisnus dari berbagai kota. Selain unik, lokasi wisata di pedesaan itu jadi area swafoto yang bagus. Meski lokasinya cukup jauh dari perkotaan, wisatawan rela mencoba sensasinya.

 

Di lahan 1 hq di kawasan hutan, ada spot2 unik untuk berswafoto. Ada miniatur kapal dan bangku love jadi favorit untuk mengabadikan gambar. Wisatawan tak akan melewatkan momen berfoto di warung air. Di warung ini, wisatawan bisa menikmati makanan-minuman di tengah sungai dengan air jernih.

Untuk menikmati sensasi ini, wisatawan harus telanjang kaki. Mereka bisa menikmati menu2 makanan dan minuman khas pedesaan, di atas bangku kayu dengan lantai air mengalir. Sensasi ini perlu dicoba. Terlebih, segarnya air sumber yang berasal dari hutan itu, menghadirkan kesegaran yang alamiah.

Selain kuliner pedesaan, wisatawan dimanjakan pemandangan hutannya. Lokasi ini di tengah2 hutan dengan tanaman beragam. Diantaranya pohon durian, kopi dan kakao. Kawasan itu juga menghadirkan keindahan ber-jenis2 bunga ber-warna2 cantik. Kupu2 beragam jenis, menemani wisatawan saat makan.

Untuk menikmatinya, gak mahal. Tiketnya Rp3.000 per orang. Makanan-minuman tradisional yang disajikan juga terjangkau. Kita bisa menikmati Nasi Jagung, dan makanan2 olahan dari kebun warga. Wisatawan juga bisa menikmati spot2 untuk berswafoto secara gratis.

Tak hanya disukai wisatawan yang sudah berumur saja, sensasi makan dan minum di tengah sungai ini juga digemari anak-anak. Setelah makan, mereka bisa sepuasnya bermain air nan jernih. Ber-basah2 jadi ciri khas wisata di sini. Mereka juga bisa melihat pemandangan hutan yang cukup membuat mata segar.

 

Laili Rusdiana, pengunjung asal Mojokerto mengaku, ia baru tahu wisata Taman Sungai Sumber Biru dari medsos. Karena itu, ia penasaran untuk mencoba sensasinya. “Asyik juga makan dan minum di tenga2 sungai yang jernih, dengan bertelanjang kaki,” ujar Diana.

Menikmati wisata baru ini cukup memuaskan meski ke lokasi, wisatawan harus rela menempuh perjalanan lumayan panjang dari Jombang. Beberapa titik jalur menuju lokasi, kondisi jalannya berbatu yang sempit. “Tapi bisa terbayar saat kita sudah berada di lokasi wisatanya,” tukasnya.

 

Miko, pengelola Taman Sungai Sumber Biru mengungkapkan, lokasi ini baru dibuka Lebaran lalu. Wisata ini dikelola warga dan merupakan inisiatif dari warga pula memanfaatkan sumber daya alam di des ini. “Karena warga yang mengelola, hasilnya juga bisa dinikmati warga sendiri,” ujar Miko.

Meski baru tiga bulan dibuka, taman Sungai Sumber Biru mulai banyak didatangi wisatawan. Di hari libur, pengunjung mencapai ratusan orang. Ia yakin, wisata ini akan terus mendapatkan perhatian dari wisatawan.

“Karenanya, kita terus mengembangkan lokasinya membuat spot2 baru. Wisata ini ramai, ekonomi masyarakat ikut terangkat” paparnya. (yet; Tritus Julan; Bahan dari : https://jatim.sindonews.com/read/1661/3/lezatnya-menyantap-kuliner-di-tengah-aliran-sungai-berair-jernih-1537610993)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close