Kesehatan

Terserang Stroke adakah kaitan Diabetes

(health.detik.com)-JAKARTA; Aktor lawak Nasrullah (Mat Solar) kini mengidap penyakit stroke yang membuatnya harus menjalani terapi dan duduk di kursi roda. Pertama terkena stroke pada (2015), Mat Solar juga mengidap penyakit lain.

Ida Nurlaila sang istri mengatakan Mat Solar juga memiliki riwayat penyakit diabetes dan darah tinggi. Ketua umum PB Perkeni (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia), Prof Ketut Suastika, SpPD KEMD, penyakit diabetes (DM) itu faktor pemicu terjadinya stroke.

“DM itu salah satu faktor risiko stroke. Selain itu bisa dipicu hipertensi, merokok, hiperkolesterolemia dan usia lanjut” ujarnya ke detikHealth (19/9/18). Dia mengatakan orang dengan penyakit DM dan stroke, kemampuan fisiknya jauh lebih buruk dibanding dengan orang yang tidak memiliki riwayat DM.
“Bagi yang punya DM dan stroke biasanya jauh lebih buruk daripada yang tidak diabetes”.

Sebagai bentuk pencegahan, Prof Suastika sarankan mengatur asupan makanan khususnya penderita DM, rajin ber-OR dan hindari penggemukan badan. (up/up; Khadijah Nur Azizah; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4219355/mat-solar-terserang-stroke-adakah-kaitannya-dengan-riwayat-diabetes)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close