Kesehatan

Beda serangan Jantung dan Stroke

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Penting untuk tahu beda antara serangan jantung dan stroke karena banyak orang berpikir penyakit ini serupa. Serangan jantung dan stroke asal dari penyumbatan di pembuluh darah, tapi bedanya keduanya mempengaruhi berbagai fungsi penting tubuh.

 

Gejala serangan jantung dan stroke juga berbeda. Serangan jantung dimulai nyeri dada dan yang terakhir dimulai dengan sakit kepala tiba2 dan kuat. Gejala stroke dan serangan jantung tergantung pada beratnya episode, usia, jenis kelamin, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika kerusakan tiba2 pada otot2 jantung, biasanya dari kurangnya aliran darah di arteri koroner. Arteri koroner yang tersumbat itu mencegah oksigen masuk ke jaringan otot jantung. Sebagian besar, gumpalan darah terbentuk di arteri koroner hingga menghalangi aliran darah ke otot jantung yang mengarah ke nyeri dada dan gejala serangan jantung lain.

Serangan jantung dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada otot jantung dan menyebabkan kematian pada orang tersebut.

 

Stroke
Stroke terjadi ketika ada pembentukan bekuan darah di arteri yang memasok darah ke otak. Jaringan otak jadi kekurangan oksigen yang menyebabkan kerusakan atau kematian jaringan otak. Stroke sering dikaitkan dengan kehilangan kemampuan bergerak yang hanya mempengaruhi satu sisi tubuh.

Stroke ada tiga bentuk, yakni Perdarahan di otak (stroke haemorrhagic), stroke yang disebabkan oleh gumpalan darah dikenal stroke iskemik, dan penyempitan arteri yang memberi makan darah ke otak disebut sebagai serangan iskemik transien.

 

Tanda2 serangan jantung, antara lain nyeri dada atau gelisah di dada, nyeri yang dapat melayang ke bahu, lengan, punggung, perut, atau gigi, berkeringat, sesak napas, mual atau muntah.

Tanda2 stroke  elemahan di lengan, dan kaki di satu sisi tubuh, wajah terkulai, kesulitan berbicara, kehilangan kesadaran, sakit kepala parah secara tiba2, dan kesulitan melihat. (tdy; Tedy Ahmad; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1344114/155/serangan-jantung-dan-stroke-apa-bedanya-1538806745)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close