Wisata dan Kuliner

Filosofi Batik Garuda Kujang Kencana hasil iseng Kang Emil

(liputan6.com)-JAKARTA; Selamat Hari batik Nasional. Siapa yang bangga berbatik hari ini? Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga demikian. Ia mengimbau warganet menggunakan batik pada 2 Oktober ini sejak semalam.

 

Melalui akun Instagram @Ridwankamil, ia mengajak warga Jabar dan warganet yang cinta budaya Indonesia, memakai batik seharian. Ia juga mengunggah foto dirinya berkemeja batik yang didominasi warna biru. Ia sempat mempromosikan batik karyanya yang bisa dibeli di toko yang bekerja sama. Tawaran diskon tersedia bagi yang bisa menyebut dirinya tiga kali. “Sambil koprol,” tulisnya.

 

Motif batik pada kemejanya dirancangnya sendiri pada November 2017. Ia menamainya Batik Garuda Kujang Kencana. Ia mengaku motif itu tercipta secara iseng karena sering menghadiri acara formal yang mengharuskannya pakai kemeja batik. “Iseng2 saya coba bikin kain batik sendiri yang polanya sama, hanya nanti beda2 warnanya saja” tulisnya lagi.

 

Meski iseng, tema sketsa batik yang dipilihnya tak main-main. Diagonal mandala wibawa sundawi nasionalis, begitu dia menyebutnya. Enam titik menandakan rukun iman, sedangkan lima titik adalah rukun Islam. Sementara, dua titik artinya tidak jomblo lagi.

 

RK artinya Rada Kasep (sedikit ganteng) atau Riweuh Kabeh (ribet semua). Mari lestarikan kreativitas dan budaya batik sendiri” tulisnya sambil menambahkan bahwa arti dua titik adalah tidak jomlo lagi.

Pada akhir tulisannya, Emil, sapaan akrabnya, berencana mendirikan desa2 batik di seluruh Jabar dalam 5 tahun ke depan.

 

Sebagai solusi ekonomi 1 Desa 1 Perusahaan. Dan setiap kita, saya kira bisa jadi desainer batik. Hatur Nuhun,” ia menutup tulisan. (Dinny Mutiah; Bahan dari : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3657234/filosofi-motif-batik-garuda-kujang-kencana-hasil-iseng-ridwan-kamil)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close