Wisata dan Kuliner

Gandrung Sewu kembali masuk Kalender Wisata Nasional

(travel.detik.com)-BANYUWANGI; Kemegahan Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi begitu memikat. Menpar Arief Yahya menyatakan Festival Gandrung Sewu akan kembali masuk 100 calendar of event nasional. Itu dikatakan  Menpar saat di Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom, (20/10/2018).

Menurut Arief, event tahunan Festival Gandrung Sewu layak masuk kalender wisata nasional setelah melalui kurasi. Tim kurator Kemenpar menilai kualitas pelaksanaan Gandrung Sewu terus meningkat.

 

“Untuk masuk top 100 kalender event nasional, sebuah event harus bersaing dengan lebih dari 200 event lain se-Indonesia. Gandrung Sewu lolos penilaian tim dinyatakan layak masuk Top 100 Calendar of Events,” jelas Menpar kepada detikcom, usai pagelaran. Festival Gandrung Sewu.

Gandrung Sewu unggul dari 3 nilai pertunjukan seni yang baik. Nilai itu : 3C (creativity, cultural, commercial). “Gandrung Sewu ini kreatif. Dari jumlah penampil yang kolosal, konfigurasi tarinya apik kelas dunia, dan sangat cameragenic. Indah di kamera, sekaligus indah di offline,” kata Menpar.

 

Nilai lainnya, pertunjukan ini berbasis dan berakar dari budaya lokal Banyuwangi. Yang terpenting, Gandrung Sewu mampu menggeliatkan ekonomi daerah. “Warung dan restoran rakyat ramai diserbu ribuan wisatawan, penginapan penuh, wisatawan belanja oleh2” kata Menpar.

“Ada dukungan tinggi dari Pemda pada sektor pariwisata kuat” kata Arief. Selain Gandrung Sewu, event International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) dipastikan kembali masuk event nasional 2019. “Bahkan, BEC masuk top 10 event nasional,” ungkapnya. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira kabar tersebut.

“Terima kasih pada Kemenpar yang terus mendukung perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Ini jadi spirit kami untuk lebih kreatif menggarap sektor wisata sebagai sarana menggerakkan ekonomi warga”. (aff/aff; Ardian Fanani; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-4265832/menpar-gandrung-sewu-kembali-masuk-kalender-wisata-nasional-2019?_ga=2.242495562.933975131.1540119300-623937103.1510206277)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close