RSS Feed     Twitter     Facebook

Memilih Pisang Kepok Kuning atau merah

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Memilih Pisang Kepok Kuning atau merah

Salah satu makanan kesenanganku adalah pisang. Maklum wong ndeso. Pisang goreng atau pisang rebus / kukus. Tapi, masak sendiri. Masakan bakul / warung gak suka. Nah masalahnya, aku suka masak pisang kepok. Tapi, selama di Blitar, sering keliru. Mana yang kepok putih dan mana kepok kuning / merah.

 

Kepok putih itu mblenyek, kalau kepok kuning/merah itu mengkel. Aku suka yang kepok kuning atau merah. Kalau di Jakarta, mudah cari kepok kuning/merah. Di Blitar sulit banget. Secara fisik, waktu pisang masih mentah, sulit dibedakan yang kuning/merah dan putih. Ketahuannya setelah dimasak.

 

Apakah ada, sahabat2 yang tahu, ciri2 pisang mentah, kepok yang kuning/merah itu bagaimana?. Dan yang putih itu juga gimana.?. Cobi mas, ngapunten, jenengan coba nek kukus pisang mlebune pisang ning dandang ngenteni nek banyune wis panas. aja bareng banyu. : Insya’Allah kulite ora ireng nek wis mateng.kulite bakal kuning resik. (Soenarto SA; dari grup WA-VN)-FR

 

Berikut saya sajikan jawabannya dari sumber berikut ini :

(jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.com)-Tips beli pisang Kepok Merah. Temen2 yang suka buah pisang, tentu tahu dong akan buah pisang kapok. Kepok ini ada dua jenis. Pisang kepok merah itu lebih kecil dibanding dengan pisang kepok putih.

Tapi kadang ada pohon pisang kepok putih tumbuh kurang begitu subur, yang menjadikanya terlihat kecil buahnya. Saat berjejer banyak pisang kepok di pasar, sangat membingungkan membedakan mana pisang kepok merah dan mana pisang kepok putih. Ada cara bagaimana dengan mudah membedakanya.

Tip beli pisang kapok merah agar tak keliru dengan kapok putih
Kedua pisang ini sama2 banyak dibutuhkan masyarakat, karena kedua pisang kepok ini pas untuk olahan pisang, seperti misalnya pisang goreng, keripik pisang, kue naga sari, kolak dan yang lainya.

Ketika yang beli itu penjual gorengan, maka mereka akan memilih pisang kepok putih, itu karena ukuranya  lebih besar yang tentunya lebih banyak pisang goreng yang dihasilkan. Jika yang beli ibu2 rumah tangga, maka kebanyakan mereka cenderung pilih pisang kepok merah, karena pisang ini lebih manis rasanya bila dibanding pisang kepok putih.

Kalau yang beli penjual pakan burung, mereka cenderung pilih pisang kepok putih. Mungkin saja lebih disukai oleh burung kicau. Nah dari ber-macam2 kebutuhan dari para pembeli pisang kepok yang saya amati ini, ada rahasia cara membedakan kedua pisang kepok ini ketika berada di pasar.

 

Jika temen2 masih awam pada buah pisang, akan kebingungan membedakan kedua jenis pisang kepok ini di antara tumpukan atau ber-jejer2 jenis buah pisang pisang di pasar. Mudah2an setelah baca artikel ini, Anda dengan mudah untuk selanjutnya membedakan kedua jenis pisang yang hampir sama ini.

Jika temen2 tanya pada penjual pisang, mana kepok merah mana kepok putih, maka jangan percaya dengan jawabannya, agar tidak menyesal ketika sampai di rumah. Yang musti temen2 perhatikan adalah ukurannya, pisang kepok putih lebih besar dan pisang kepok lebih kecil.

Jadi apa lagi yang musti dilakukan ?
Pinjamlah pisau pada penjualnya, dan irislah sedikit, maka ketahuan mana pisang kopok merah dan mana pisang kepok putih. Jika pisang yang di iris berwarna kuning buahnya, maka itu pisang kepok merah dan jika buahnya berwarna putih maka itu pisang kepok putih.

Inilah rahasia para pembeli pisang yang dilakukan di pasar yang menjadikan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Tak hanya para pembeli pisang saja yang melakukan ini. Penjual pisang yang ada di pasar juga melakukan rahasia ini.

Ini terbukti, ketika para petani atau pengepul pisang yang bawa banyak pisang ke pasar, penjual pisang pasar itu membawa pisau untuk membuktikan kebenaran kedua jenis pisang kepok itu. (Bahan dari :https://jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.com/2017/05/tips-membeli-pisang-kepok-merah.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code