Kesehatan

Pantangan dan Anjuran Makanan bagi pengidap Kanker Prostat

(health.detik.com)-JAKARTA; Aktor senior udy Wowor berjuang melawan kanker prostat yang diidapnya sejak (2010). Perjuangannya berakhir, dia tutup usia pada usia (74).

Penyakit yang menyebabkan kematian nomor dua di dunia bagi pria ini, ternyata ada makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pengidapnya. Dari Medical News Today, ini daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan pasien Kanker Prostat.

-Makanan yang dianjurkan dikonsumsi

1-Salmon
Ikan salmon kaya lemak sehat yang mengandung asam lemak omega-3. Ini membantu mencegah dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain salmon, ikan air dingin lain seperti ikan sarden dan trout juga bagus untuk pasien kanker prostat.

 

2-Tomat
Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang bermanfaat untuk pengidap kanker prostat. Bisa dibuat sup atau jus, rasanya enak.

 

3-Buah Beri
Stroberi, blueberry, raspberry, atau blackberry itu sumber antioksidan yang baik membantu menghilangkan radikan bebas di tubuh. Radikal bebas itu produk dari reaksi tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu.

 

4-Kacang2an
Kacang2 sangat tinggi seng dan sedikit mineral. Seng membantu menyeimbangkan hormon testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) pada pasien kanker prostat.

 

5-Jeruk
Jeruk mengandung vit-C yang tinggi dan dapat membantu melindungi kelenjar prostat. Selain jeruk, lemon, limau, grapefruit juga bisa mewakali.

-Makanaan yang dipantang

1-Daging Merah
Penelitian menunjukkan daging merah dapat menurunkan kesehatan pengidap kanker prostat. Mengonsumsinya tiap hari diyakini berisiko memperparah kanker prostat 3x lipat.

 

2-Susu
Sama dengan daging, mengonsumsi produk susu teratur dikaitkan peningkatan risiko pembesaran prostat. Mengurangi mentega, keju, dan susu bisa bantu mengurangi gejala pembesaran prostat.

 

3-Kafein
Sebaiknya dihindari mengonsumsi produk yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Kafein bertindak sebagai diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

 

4-Alkohol
Kafein saja tidak boleh apalagi alkohol. Alkohol menstimulasi produksi urin. Pria dengan pembesaran prostat akan membaik jika berhenti minum alkohol.

 

5-Sodium
Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan gejala saluran kemih yang berkaitan dengan pembesaran prostat. Sebaiknya, kurangi asupan sodium dengan tidak berlebihan mengonsumsi garam. (wdw/up; Widiya Wiyanti; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4244117/pantangan-dan-anjuran-soal-makan-untuk-pengidap-kanker-prostat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close