Wisata dan Kuliner

Proses pembuatan Batik Rifaiyah Batang dikagumi

(suaramerdeka.com)-BATANG; Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau Batang Ekspo yang digelar di alun2 hingga meluas ke ruas jalan Veteran, dibuat kagum dengan penampilan stan khusus mengusung batik Rifaiyah dan batik Gringsing. Kedua jenis batik tulis itu ikon batik Batang.

 

“Saya penggemar dan kolektor batik dari seluruh Indonesia dan yang menarik bagi saya proses pembuatan batik Rifaiyah. Pembatik saat nyolet (memberi warna) sambil mengumandangkan sholawat, jadi ada nuansa spiritualitasnya” ujar Ganjar Pranowo usai meninjau Batang Ekspo (2/10).

 

Ganjar menilai, hasil karya batik tulis Rifaiyah bagus dan tingkat kerumitannya juga tinggi. “Karena pembatiknya saat mengerjakan butuh ketelitian, juga dengan pembuatan batik Gringsing yang bercorak dan warna khas tersendiri,” kata Ganjar.

 

Karya ke-2 jenis batik tulis itu harus dipromosikan, termasuk pengolahan limbah dan desa wisata, melalui film durasi 1 menit dimunculkan tiap hari di medsos. “Komoditi ini kalau bisa masuk pasar Internasional dengan nilai dolar naik, maka potensi jual cari keuntungan (bisa) lebih tinggi” terangnya.

 

Terkait tema “Ayo Investasi Lan Piknik Neng Batang” yang diusung Pemkab di Batang Ekspo 2018, sangat menarik. Karena wisata ekonomi kreatif tidak pernah mati. “Batang Ekspo menunjukan ke masyarakat sebagai hiburan murah, karena ada pestanya, ada mainannya yang akan membuat masyarakat bahagia,”pungkas Ganjar.

 

Bupati Wihaji menambahkan, Batang Ekspo yang digelar 5 hari, sejak (27/9) hingga (2/10) menampilkan kinerja2 satuan Oganisasi Perangkat Daerah( OPD), UMKM, BUMN, BUMD dan pelayanan Kartu Identitas Anak (KIP). “Target omset Rp. 5 milyar dari Batang Ekspo, saya yakin tercapai, karena tiap hari dihadiri 30 ribu pengunjung, yang pastinya ada transaksi jual beli” ujar Wihaji.

 

Dalam kesempatan itu, Gubernur didampingi Bupati Wihaji, didaulat untuk menutup resmi Batang Ekspo 2018, ditandai dengan pemukulan gong. (Kasirin Umar/CN33/SM Network; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/129967/gubernur-kagum-proses-pembuatan-batik-rifaiyah-batang)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close