Kesehatan

Bahaya plastik yang perlu diketahui

(1health.id)-Tidak bisa dipungkiri, penggunaan plastik erat dengan kehidupan kita. Segala aspek perabotan yang kita gunakan se-hari2 pasti ada yang berbahan dasar plastik, salah satunya tempat makan kita.

 

Plastik terbuat dari produk alami seperti batubara, gas alam, selulosa, garam dan minyak mentah, yang diproses dan disebut polimerisasi. Senyawa yang dihasilkan disebut polimer, diproses lebih lanjut untuk membuat plastik. Lalu kenapa plastik bisa berbahaya jika untuk menyimpan makanan?

 

Karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Ada 5-30 bahan kimia berbeda yang digunakan dalam satu bagian plastik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menghindari penggunaan plastik sebagai wadah untuk menyimpan makanan:

 

Senyawa berbahaya bisa masuk ke dalam makanan

Memanaskan makanan ke microwave menggunakan wadah plastik tidak dianjurkan, karena plastik cenderung melepaskan bahan kimia ketika dipanaskan? Saat plastik bersentuhan dengan hormon estrogen tubuh, ini dapat meningkatkan risiko penyakit2, seperti penyakit jantung, diabetes, gangguan saraf, disfungsi tiroid, kanker dan masih banyak lagi.

 

Bahan Kimia dalam plastic memicu kenaikan berat badan

Plastik mengandung Bisphenol A (BPA), senyawa yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh dan berikatan dengan reseptor estrogen tubuh. Senyawa ini mengganggu regulasi berat badan dan meningkatkan berat badan juga resistensi insulin.

 

Penelitian2 mengaitkan antara paparan BPA dan obesitas dan penambahan berat badan. Salah satu penelitian yang diterbitkan di Journal of Lipid Research telah menunjukkan paparan BPA dapat meningkatkan jumlah sel2 lemak dalam tubuh.

 

Menyebabkan masalah kesuburan dan reproduksi

Phthalate adalah bahan kimia berbahaya yang digunakan membuat plastik agar jadi lunak dan fleksibel. Ini ditemukan dalam wadah makanan, produk kecantikan, mainan dan cat. Zat kimia beracun ini berefek negatif pada kekebalan dan mengatur hormon, yang keduanya langsung memengaruhi kesuburan.

 

Selain itu, BPA juga menyebabkan keguguran dan membuat wanita sulit hamil. Penelitian menunjukkan racun yang ditemukan di plastik dapat menyebabkan cacat lahir dan masalah perkembangan pada anak-anak. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/3-bahaya-penggunaan-plastik-yang-wajib-anda-tahu.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close