Iptek dan Lingk. Hidup

Bank BJB dan Puluhan Bank Nasional Sepakat Pembayaran pajak Online

(ekbis.sindonews.com)-BANDUNG; Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Banten (bank bjb) dan puluhan bank pembangunan daerah (BPD), bank BUMN, dan perbankan swasta menyepakati kerja sama pembayaran pajak online dengan Polri dan Jasa Raharja.

Penandatangan MoU dalam rangka memudahkan pembayaran pajak bagi masyarakat di 23 provinsi di Indonesia. Tercatat 23 BPD, 4 Bank BUMN, dan 3 bank swasta menyepakati kerja sama e-Samsat yang dilakukan di Kuta, Bali, (15/11).

Dirut bank bjb, Ahmad Irfan, mengatakan pihaknya bersama tim pembina Samsat Jabar terus berinovasi, sehingga mampu menginisiasi lahirnya pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.

“Keuntungan penerapan Samsat online nasional ini memudahkan wajib pajak. Masyarakat yang memiliki kendaraan yang terdaftar di wilayah Jabar, dapat membayar di seluruh jaringan kantor atau jaringan elektronik bank yang telah bekerja sama,” kata Ahmad Irfan dalam siaran persnya (17/11/2018).

Ikut sertanya bank bjb melayani pembayaran Samsat online nasional bukan tanpa alasan. Sebab selama ini bank bjb itu bank pembangunan daerah yang selalu aktif berinovasi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Inovasi itu ditunjukkan dengan kode emiten BJBR ini melalui kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor sejak 2014 dengan produk e-Samsat Jabar dan t-Samsat.

Selama ini, bank bjb telah mengembangkan sistem dan bekerjasama dengan pihak2 lain untuk implementasi e-Samsat nasional. Saat ini, nasabah bank bjb yang memiliki kendaraan tercatat di luar Jawa Barat bisa membayar pajaknya melalui channel bank bjb (atm, sms banking dan bjb net).

Pada penandatangan MoU antara puluhan BPD, bank BUMN, dan perbankan swasta, juga disepakati kerja sama terkait sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Tahunan. Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian turut hadir menyaksikan penandatanganan MoU.

 

Dalam sambutannya, Kapolri khusus mengapresiasi ke pemprop Jabar, yang telah mempelopori inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bersama dengan bank bjb.

“Saya ucapkan terima kasih ke pemprop Jabar dan bank bjb telah membantu Polri dalam meningkatkan penerimaan pendapatan pajak kendaran bermotor melalui pengembangan inovasi e-Samsat dan layanan samsat lain. Termasuk Samsat gendong,” ujar Tito Karnavian. (ven; Arif Budianto;  Bahan dari : https://ekbis.sindonews.com/read/1355456/178/bank-bjb-dan-puluhan-bank-nasional-sepakati-pembayaran-pajak-online-1542431621)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close