Iptek dan Lingk. Hidup

Cara Periksa Aplikasi Asli atau abal2 Jangan Tertipu

(m.merdeka.com)-Ada puluhan ribu aplikasi bisa kita unduh gratis di Play Store atau App Store. Meski demikian, kemudahan bukan berarti keamanan. Banyak aplikasi abal2 yang bisa mudah merasuk ke smartphone Anda jika tidak jeli.

 

Yang mengejutkan, deretan aplikasi abal2 ini bisa mengancam dan mencuri informasi pribadi pengguna dengan cara licik. Agar Anda tidak jadi korban aplikasi abal2, melansir Tekno Liputan6.com, berikut tips yang dapat dilakukan untuk membedakan mana aplikasi asli dan yang palsu.

 

1-Periksa Aplikasi dari Situs Pengembang Resmi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu mengecek nama pengembang (developer) dan sumber aplikasi tersebut dari situsnya.

 

2-Periksa Deskripsi Aplikasi

Aplikasi abal2 bisa dicek dengan deskripsi yang terdengar janggal, atau ada kesalahan ejaan baik dari judul dan deskripsinya. Maka itu, cek kembali deskripsi aplikasi di App Store atau Google Play Store sebelum mengunduh.

 

3-Periksa Ulasan Aplikasi

Bila ingin mengunduh aplikasi, sebaiknya membaca ulasan atau review-nya di App Store atau Google Play Store. Sudah pasti aplikasi palsu biasanya dijejali ulasan negatif dan keluhan dari para pengguna.

 

4-Periksa Latar Belakang Pengembang

Mengunjungi situs web aplikasi resmi termasuk cara penting. Sebab, hal itu memudahkan kamu untuk mengecek identitas dan latar belakang pengembang, dan tahu akan halhal yang mencurigakan.

 

5-Periksa Jumlah Unduhan

Memperhatikan jumlah unduhan juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya, jumlah unduhan yang cukup tinggi membuktikan keaslian dari aplikasi yang hendak diunduh. (Reporter: Jeko I.R; Indra Cahya; Bahan dari : Liputan6.com dan https://m.merdeka.com/teknologi/cara-periksa-aplikasi-asli-atau-abal-abal-jangan-sampai-tertipu.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close