Aku cinta Indonesia

Gelontorkan 20 Miliar Ridwan Kamil siap memoles Wajah Cirebon

(regional.kompas.com)-BANDUNG, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mempercantik wajah Kota Cirebon. Hal itu dikatakannya saat berkeliling di Kota Cirebon, (14/11/18).

 

Pria yang disapa Emil itu merancang ulang desain ruang publik di sejumlah titik dijadikan identitas kota memenuhi aspek kenyamanan, keselamatan, keamanan, aksesibilitas, dan daya tarik. Ia mengunggah konsep penataan Kota Cirebon lewat akun Instagramnya. Ada 5 aspek yang bakal ia percantik. “5 Usulan Penataan Kota Cirebon agar jadi destinasi Kota Wisata keren se Indonesia:

 

1-Penataan Alun-alun baru di tahun 2019.

2-Penataan Main Street (Spt jln Malioboro atau jln Asia Afrika BDG)

3-Penataan Shopping Street yaitu ruas jalan untuk shopping/cafe.

4-Memaksimalkan wisata Keraton: Kasepuhan, Kacirebonan, Kanoman

5-Menkonversi gedung kolonial menjadi Pusat Budaya untuk kesenian.

 

SEMOGA LANCAR DAN BERHASIL. #JABARJUARA,” tulis Emil. Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Emil mengatakan, alun2 Kejaksan Cirebon akan ditata ulang. Ia ingin memperbaiki Tugu Proklamasi agar lebih berdaya tarik. “Kalau di Cirebon tahun depan kita sepakat alun2 Kejaksaan akan diolah. Akan ada basement untuk parkir, karena kunjungan wisata religiusnya meningkat” katanya.

 

Ia juga berencana menata zona kaki-5 di titik2 keramaian di Kota Cirebon. Setelah itu, jalan Siliwangi Kota Cirebon akan disulap seperti Jalan Asia Afrika di Bandung. “Seperti kalau di Bandung ada Jalan Asia Afrika, jadi kalau ada parade bisa dilangsungkan disitu,” katanya. Adapun gedung bekas kantor Bakorwil III Jabar bakal dimaksimalkan sebagai pusat budaya.

 

“Jadi kalau wisatawan datang mau lihat tari2an mau lihat angklung musik daerah bisa kesini. Ini luas, sehingga bisa juga ada gedung ekspos untuk memamerkan kerajinan, pameran, bazar, kita bisa renovasi, bisa juga ada museum, dan restoran,” tuturnya.

 

Kata Mantan Wali Kota Bandung itu, Pemprov Jabar akan gelontorkan Rp 15-Rp 20 miliar. “Kombinasi alun2 keren, tempat budaya, jalan utama, akan meningkatkan waktu kunjungan lebih lama. Kini kekurangan Cirebon, kita gak tau mau nongkrong dimana? Dengan ada Cipali, bandara, jumlah hotel meningkat menandakan banyak akses ke sini. Tapi kalau tidak dibenahi kan orang bosen” jelasnya.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Gelontorkan Dana hingga Rp 20 Miliar, Ridwan Kamil Siap Poles Wajah Kota Cirebon”, Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani; Editor : Aprillia Ika; Bahan dari : https://regional.kompas.com/read/2018/11/15/11585721/gelontorkan-dana-hingga-rp-20-miliar-ridwan-kamil-siap-poles-wajah-kota)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close