Iptek dan Lingk. Hidup

Hotel di China layani tamu dengan Robot dan IoT

(cnnindonesia.com)-JAKARTA; Sebagian besar operasional Hotel di Hangzhou, China, menggunakan robot dan perangkat IoT. Hanya sedikit pegawai yang akan dijumpai tamu di hotel yang diberi nama FlyZoo ini. Manusia hanya dipekerjakan untuk melakukan bersih2.

Saat masuk ke hotel, robot setinggi satu meter menyambut tamu. Ia menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mengingat tamu2nya. Hotel juga akan mengunggah detil tamu mereka ke sistem keamanan publik nasional di China menggunakan mesin yang ditempatkan di lobi.

Begitu melakukan check-in, informasi tamu akan dibagi ke semua layanan di hotel. Sehingga, begitu tamu masuk lift, ia akan langsung diantar ke lantai yang dituju. Pintu kamar otomatis terbuka ketika kamera mengenali wajah tamu sebagai penghuni kamar.

Robot bisa melayani kamar, semisal untuk mengantarkan makanan. Speaker yang tertanam di area hotel bisa dgunakan untuk melakukan pengaturan suara (voice-control) terhadap semua perangkat yang ada di kamar. Mulai dari mengatur temperatur, intensitas cahaya, dan peralatan lainnya.

Lantas berapa harga yang harus dibayar untuk menginap di hotel canggih ini? FlyZoo menawarkan harga permalamnya 3000 yuan (Rp6,3an juta) termasuk sarapan untuk dua orang. Berdasarkan pantauan Fliggy, layanan travel Alibaba, sudah ada 942 pesanan untuk hotel ini.

FlyZoo itu hotel besutan Alibaba. Dengan memperbarui sistem manajemen hotel, menurut Wang Qun, CEO FlyZoo Hotel Alibaba, penginapan ini 1,5x lebih efisien dari hotel sejenis. Kabarnya, Tmall, layanan e-commerce Alibaba juga akan melakukan hal serupa untuk layanan manajemen rantai pasokannya.

 

“Sistem AI yang baru membantu meningkatkan efisiensi manajemen hotel dan mengurangi setengah dari kebutuhan tenaga kerja” kelas Qun, dikutip GBTimes. Hotel ini jadi langkah Alibaba berikutnya untuk masuk ke sektor IoT. Semakin matangnya bisnis konsumer di China, produk terkait IoT makin dapat perhatian dari raksasa teknologi di negeri itu, termasuk saingan Alibaba, Tencent.

Baru2 ini Baidu mengumumkan InterContinental di Shanghai Wonderland menggunakan speaker cerdas perusahaannya untuk pengoperasian di kamar. Alibaba telah membuat perjanjian kerjasama dengan Marriott sebelum membuka hotel tanpa pegawainya itu, seperti dilansir TechNode. (eks/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181107205619-185-344817/canggih-hotel-di-china-layani-tamu-pakai-robot-dan-iot)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close